Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS EFEKTIF MEMILIH SMA ATAU SMK

Apakah Anda masih bingung memasukkan SMK atau SMA setelah Anda lulus SMP? Sebaiknya Anda perlu mencari informasi tentang bagaimanakah cara untuk memilih SMA atau SMK untuk membantu menemukan jawabannya. Sekolah SMA maupun SMK ini sebenarnya mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing sehingga pilihan yang terbaik tetap berada di tangan Anda sendiri. 

Sebelum anda memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMA atau SMK memang sebaiknya Anda perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum Anda melanjutkan nya. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang pembelian sekolah tersebut ini menjadi sangat berpengaruh untuk kondisi internal maupun eksternal dari siswa. 







Berikut ini beberapa tips memilih sekolah SMA atau SMK

1. Apa rencana setelah lulus

Tips pertama yang perlu Anda ketahui untuk memilih sekolah SMA atau SMK setelah lulus SMP yang pertama ialah mengetahui apa rencana setelah lulus. Rencana Anda setelah lulus dari sekolah ini menjadi salah satu hal yang penting untuk anda putuskan. Jurusan di SMA ini sifatnya lebih umum yaitu seperti IPA, IPS dan Bahasa. sementara untuk SMK ini menawarkan program keahlian yang cukup beragam. 

Selain itu kurikulum dari pendidikan di SMA juga memang dirancang untuk siswa yang nantinya akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Dan beda dengan di SMK yang mana sudah menyiapkan siswanya untuk langsung bekerja setelah lulus. Jika anda yang ingin melanjutkan kuliah setelah lulus maka anda perlu memilih SMA menjadi pilihan yang terbaik bagi anda.

2. Apa minat dan bakat terbaik anda

Tips memilih SMA atau SMK setelah lulus SMP yang selanjutnya ialah mengetahui minat dan bakat terbaik. Anda perlu melihat dan mengenali apa yang menjadi minat serta bakat yang terbaik yang bisa anda miliki selama ini. Hal ini menjadi kunci dari tips memilih SMA atau SMK setelah Anda lulus dari SMP. 

Ketika Anda masih belum begitu menentukan minat dan bakat yang sesungguhnya maka lebih baik anda bisa memilih SMA agar nantinya pilihan lulus ini menjadi lebih luas. Akan tetapi jika anda telah sangat mengetahui bakat dan minat dari diri Anda sendiri maka anda bisa memilih SMK sebagai pilihan anda. Meskipun begitu sebenarnya minat dan bakat tersebut yang tetap dapat anda asa di SMA Karena setelah lulus dapat anda bisa melanjutkan kuliah pada jurusan yang sesuai.

3. Mengetahui jenis pekerjaan yang ingin dipilih

Tips untuk memilih SMA atau SMK setelah lulus dari SMP selanjutnya ialah mengetahui jenis pekerjaan yang ingin dipilih. Anda perlu mengetahui pekerjaan ataupun profesi apakah yang ingin anda jalani di masa depan. Jika anda ingin menjadi dokter maka tentunya SMA jurusan IPA ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk anda pilih. Dan beda lagi jika anda ingin menjadi seorang akuntansi maka SMA jurusan IPS, atau SMA dengan jurusan ekonomi akuntansi atau pembukuan.

4. Menyukai teori atau praktek

Tips untuk memilih sekolah SMA atau SMK setelah lulus dari SMP yang perlu Anda ketahui selanjutnya ialah apakah Anda menyukai teori atau praktek. Terdapat tipe siswa yang mudah bosan ketika mereka harus terus-menerus mendengarkan guru yang menyampaikan materi di dalam kelas dan lebih suka praktek. 

Dan sebaliknya pada beberapa siswa lebih mudah untuk memahami sesuatu kalau mereka mendengarkan penjelasan langsung dari guru. Sekolah di SMA ini jelas akan lebih banyak teori di kelas diimbangi dengan praktek karena memang kurikulumnya demikian. Dan sedangkan siswa SMK ini memang dipersiapkan untuk siap kerja ketika lulus sekolah sehingga terdapat banyak mendapatkan pelajaran praktek.

Itulah dia beberapa cara dan tips yang bisa anda ikuti untuk memilih sekolah SMA atau SMK setelah Anda lulus dari SMP. Dengan beberapa tips diatas ini dapat membantu anda untuk melanjutkan dan memastikan apakah sekolah yang terbaik bagi anda. Semoga bermanfaat!!