Soal Latihan Pelajaran Photoshop Beserta Jawabannya, Lengkap

Ilmu yakni pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis sebab belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yakni tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian selesai semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Photoshop.

Mengenal Apa itu Photoshop?


Photoshop merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang dipakai untuk pengeditan foto atau gambar serta pembuatan imbas untuk foto atau gambar. Aplikasi photoshop ini banyak dipakai oleh fotografer-fotografer dan perusahan iklan menyerupai percetakan maupun perusahaan yang memakai jasa aplikasi ini, sehingga seringkali aplikasi ini dianggap sebagai ujung tombak dalam perangkt lunak pengolah gamabr/foto yang berkolaborasi dengan aplikais lain menyerupai Adobe Acrobat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Photoshop ini mempunyai beberapa versi diantaranya yaitu Adobe Photoshop CS 2, Adobe Photoshop CS 3, Adobe photoshop CS 4, Adobe photoshop CS 5, Aobe photoshop CS 6, dan very yang terakhir yaitu Adobe Photoshop CS 7.

Pada umumnya fungsi dari photoshop pada setiap versi itu sama, hanya saja pada versi photoshop yang lebih banyak itu memperlihatkan akomodasi yang lebih kepada pengguna aplikasi photoshop ini. Photoshop ini berfungsi untuk meberikan akomodasi dan nilai lebih pada suatu hasil karya gambar dengan banyak sekali fitur dan imbas yang ada didalamnya.

Sedangkan kegunaan dari aplikasi photoshop ini yaitu untuk menciptakan gambar menjadi lebih menarik dengan adanya pengeditan gambar yang memanfaatkan fungsi-fungsi dari fitur yang ada dalam aplikasi photoshop tersebut.

Dalam aplikasi photoshop ini terdapat beberapa fitur yang sanggup dipakai untuk untuk menciptakan gambar menjadi lebih menarik ataupun memberi imbas pada gambar diantarnya yaitu :

a. Crop dan Slice Tool

  1. Crop tool dipakai untuk memotong gambar atau foto ataupun lembar kerja. Pemotongan dengan mengunakan crop tool ini dilakukan secara tetap dan permanen dengan mengubah bentuk dimensi lebar dan tingi foto ini. pemotongan ini dilakukan dengan menentukan area potong yang berbentuk kotak pada sebuah foto tersebut.
  2. Slice tool dipakai untuk kebutuhan website. Cara memakai fitur ini yaitu dengan cara memotong hasil desain yang telah dibentuk di photoshop menjadi potongan yang lebih kecil.
  3. Slice select tool dipakai untuk menentukan potongan pada sebuah desain yang telah dipotong sebelumnya dngan memakai slice tool.

b. Annotation, Measuring dan Navigation Tool

  1. Eyedropper dipakai untuk mengambil sample warna dari sebuah gambar maupun foto. Sample warna ini diambil dengan cara meng-klik warna sasaran yang kemudian secara otomatis akan mengubah warna depan pada toolbox.
  2. Ruler tool dipakai untuk mengukur dimensi lebar dan tinggi. Fitur ini biasanya dipakai untuk kebutuhan website menyerupai mengukur dan meperkirakan interfance tinggi dan lebar tombol, header, ataupun area website lainnya. Satuan yang dipakai pada pengerjaan ini yaitu satuan pixels.
  3. Note Tool dipakai untuk memberi catatan pada hasil desain yang telah dibuat. Catatan ini mempunyai kegunaan sebagai pengingat dalam proses pembuatan desain ataupun sanggup mempunyai kegunaan sebagai media untuk penyampaian sebuah pesan ketika bekerja secara team.
  4. Hand Tool dipakai untuk menggeser/ memindah bidang pandang foto atau gambar didalam window view area atau dalam kondisi gambar sedang diperbesar (zoom in). hal ini sanggup dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol spasi untuk memakai alat ini.
  5. Zoom tool dipakai untuk memperbesar ataupun memperkecil tampilan foto atau gambar. Pengaturan zoom in atau zoom out sanggup dilakukan melalui option bar.

c. Selection Tool

  1. Move tool dipakai untuk memindahkan posisi layer dalam satu foto ataupun memindahkan sebuah foto ke foto yang lain yang berbeda.
  2. Rectangular marquee tool dipakai digunakan untuk menyeleksi objek yang berbentuk kotak. Cara dalam penggunaan fitur ini yaitu dengan klik kana pada icon ini kemudian akan muncul icon lain dari cuilan yang ada dalam marquee tool menyerupai elliptical marquee tool, sinle row marquee tool dan single coloum marque tool.
  3. Eliptical marquee tool untuk menyeleksi objek yang berbentuk bulat menyerupai menyeleksi bulat mata, ban mobil, dan objek lain. Fitur ini merupakan adonan dari fitur rectangular marquee tool.
  4. Lasso tool dipakai untuk meneyleksi objek dengan bentuk bebas. Fitur ini akan menyeleski sesuai dengan gerakan mouse. Penggunaan fitur ini sanagt bergantung pada gerakan mouse , sehingga cukup sulit untuk mengendalikan dan mencapai hasil yang maksimal.
  5. Polygonal Lasso Tool ini dipakai untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas dan bersudut. Fitur ini akan membentuk seleksi melalui titik-titik point yang dibentuk dengan memakai klik kiri pada mouse. Fitur ini juga dipakai untuk memotongdan mengubah background  foto.
  6. Magic Wand Tool dipakai untuk menyeleksi satu jenis warna pada foto yang akan diedit. Fitur ini sanggup menyeleksi dengan pengaturan nilai tolerance atau nilai cakupan warna, dimana semakin besar nilai tersebut maka semakin luas cakupan warna yang diseleksi.

d. Retouching To 

  1. Spot Healing Brush  digunakan untuk menghapus noda pada sebuah foto ataupun gambar, alat ini juga biasanya dipakai untuk menghilangkan noda di wajah ataupun menghilangkan bisul pada wajah.
  2. Patch Tool dipakai untuk memperbaiki foto dengan cara memanfaatkan rujukan yang terdapat pada foto tersebut. Perbaikan dilakukan dengan menyeleksi kerusakan area kemudian menarik seleksi tersebut diatas rujukan sasaran untuk menutupi area kerusakan.
  3. Red Eye Tool dipakai untuk menghilangkan imbas mata merah yang timbul pada foto akhir pengambilan foto dalam kondisi gelap menjadikan flash kamera memantulkan warna merah pembuluh darah dibalik mata.
  4. Clone Stamp Tool  digunakan untuk mengambil sample dari sebuah area gambar kemudian mengkloningnya dan menerapkan sample tersebut untuk dilukiskan diatas area foto lain menurut sample foto yang diambil.
  5. Pattern Stamp Tool  digunakan untuk melukis image dengan memakai rujukan tertentu sesuai dengan rujukan yang dipilih pada option bar.
  6. Eraser Tool  digunakan untuk menghapus foto atau gambar dalam sebuah layer raster.
  7. Background Eraser Tool  digunakan untuk menghapus foto atau gambar sehingga menghasilkan layer transparant pada cuilan foto atau pada area yang dihapus.
  8. Magic Eraser Tool  digunakan untuk menghapus area tertentu dari sebuah foto atau gambar yang mempunyai warna yang serupa (satu warna solid) menjadi transparan dengan satu kali klik pada area warna tersebut. Bisa dimanfaatkan untukmenghapus background satu warna.
  9. Blur Tool  digunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar. Dengan mengaburkan gambar akan memperlihatkan kesan halus, blur juga sanggup menyamarkan pixels gambar.
  10. Sharpen Tool dipakai untuk menajamkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar.
  11. Smudge Tool  digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu dari sebuah foto atau gambar seperti di pengaruhi oleh sapuan jari telunjuk diatas sebuah lukisan.

e. Painting Tool

  1. Brush Tool dipakai untuk melukis foto atau gambar dengan ukiran kuas menurut warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
  2. History Brush Tool dipakai untuk melukis image memakai snapshot atau state history dari Image.
  3. Art History Brush Tool  digunakan untuk melukis image memakai snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu.
  4. Pencil Tool  digunakan untuk melukis dengan imbas ukiran pensil.
  5. Gradient Tool  digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan dua warna atau lebih. Gradient ini juga mempunyai beberapa pengaturan dan tipe untuk menghasilkan imbas perpaduan warna yang sesuai dengan keinginan.
  6. Paint Bucket Tool  digunakan untuk mengecat atau mewarnai area tertentu atau layer tertentu menurut warna depan (foreground color) yang telah dipilih.

f. Drawing and Type Tool

  1. Path Selection Tool  digunakan untuk menyeleksi path yang telah dibentuk dengan memakai pen tool.
  2. Horizontal Type Tool dipakai untuk menciptakan teks secara horizontal. Selain alat ini ada juga Vertical Type Tool untuk menciptakan teks secara vertical dan type mask untuk menciptakan teks dalam bentuk seleksi.
  3. Pen Tool  digunakan untuk menggambar path sudut ataupun lengkung. Alat ini biasa juga dipakai untuk menyeleksi objek. Selain alat ini ada kumpulan alat lain untuk menambah titik point, mengurangi dan memodifikasi path yang telah dibuat.
Itulah sedikit citra mengenai Apa itu photoshop, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran photoshop itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 40 Pilihan Ganda dan 10 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan desain Grafis Beserta Jawabannya Lengkap

Soal Latihan Pelajaran photoshop Beserta Jawabannya, Lengkap


Adapun untuk Soal Latihan Mata Pelajaran photoshop Beserta Jawabannya, Lengkap yakni sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA

1. File yang dihasilkan oleh Photo Shop berekstensi/ berakhiran :
a. .doc                      
b. .exe            
c. .xls
d. .psd
e. .vbp

2. Salah satu pilihan yang terdapat pada kotak "New" ketika membuka image gres adalah....
a. blending option
b. history
c. action
d. resolution
e. color range

3. Untuk melaksanakan restore sebagian maupun keseluruhan image ke kondisi save terakhir menggunakan...
a. export
b. import
c. save a version
d. revert
e. eidt in image ready

4. Adobe photoshop lazim dipakai mereka yang berprofesi sebagai berikut, kecuali....
a. fotografer
b. graphic designer
c. animator
d. web developer
e. music director

5. Pilihan yang dipakai untuk melihat dan membuka file image dengan thumbnails adalah....
a. history
b. browser
c. color range
d. open as
e. import

6. Di bawah ini yang tidak terdapat pada hidangan file adalah....
a. fade
b. export
c. place
d. file info
e. open as

7. Pilihan warna yang terdapat pada submenu "Mode" yakni sebagai berikut, kecuali....
a. CMYK
b. lab color
c. SCMYK
d. RGB
e. grayscale

8. Submenu yang terdapat pada hidangan Edit yakni sebagai berikut, kecuali....
a. purge
b. define brush setting
c. stroke
d. color setting
e. mode

9. Submenu "Cut" pada hidangan Edit dipergunakan untuk....
a. menciptakan pattern
b. menciptakan sudut kemiringan layer dan image
c. mencari dan mengganti teks
d. mencari dan mengganti seleksi
e. memindahkan image

10. "Define pattern" sangat mempunyai kegunaan untuk....
a. menghapus pattern
b. mengedit pattern
c. mengubah sudut kemiringan pattern
d. menciptakan pattern baru
e. mencari dan mengganti pattern baru

11. Berikut ini yang tidak terdapat pada hidangan Bar adalah....
a. select
b. shape
c. file
d. filter
e. edit

12. Untuk melaksanakan pengaturan halaman yang dipakai untuk mencetak adalah....
a. file info
b. revert
c. color range
d. type
e. page setup

13. Berikut ini pasangan submenu dan fungsinya yang benar adalah....
a. trap - memperbaiki kesalahan alignment pada gambar
b. purge - menciptakan layer gres pada workspace
c. reveal - mengubah ukuran bidang gambar
d. calculation - mengkombinasikan salah satu image dengan layer dan image yang sedang aktif
e. pixel aspec ratio - melaksanakan reveal pada image
jawaban: a

14. Mengatur tingkat kecerahan dalam photoshop sanggup dilakukan dari hidangan berikut ini....
a. duotone
b. selective color
c. brightness/contras
d. replace color
e. equalize

15. Untuk bekerja pada range warna putih-kelabu-hitam dipergunakan mode warna....
a. grayscale
b. CMYK
c. RGB
d. multichannel
e. Bitmap

16. CMYK yakni mode warna yang terdiri atas warna-warna berikut ini, kecuali....
a. magenta
b. marine
c. black
d. yellow
e. cyan

17. Anda sanggup mengisi layer maupun seleksi dengan memakai "Fill". Berikut ini yang tidak termasuk dalam pilihan "Fill" yakni mengisi layer dengan....
a. image
b. foreground color
c. background color
d. black (warna hitam)
e. pattern

18. Sub hidangan "Mode" pada hidangan Image dipergunakan untuk....
a. melihat dan mengatur preset pada brush
b. mengatur keyboard shurtcut
c. menciptakan duplikasi image pada workspace
d. mengubah ukuran image
e. mengubah mode warna yang akan dipakai pada image

19. Menu image dipergunakan untuk...
a. mengatur kalibrasi warna pada monitor
b. melaksanakan setting dan perubahan image yang sedang aktif
c. mengatur layout halaman
d. memunculkan pilihan file handling
e. menghapus memori yang dipakai oleh perintah history dan cliboard

20. Rasterize dipergunakan untuk mengubah layer dari....
a. vektor ke bitmap/raster
b. grayscale ke bitmap/raster
c. bitmap/raster ke vektor
d. bitmap/raster ke duotone
e. vektor ke duotone

21. Jika Anda mempergunakan terlalu banyak layer pada image yang sedang Anda kerjakan akan terjadi....
a. terbentuk noise pada image
b. image menjadi buram
c. aplikasi menjadi berat sebab terbebani ukuran file yang besar
d. kemampuan komputer untuk memproses image bertambah
e. tidak ada pengaruhnya

22. Pasangan sub hidangan dan fungsinya pada hidangan layer berikut yakni benar, kecuali....
a. new - menciptakan layer baru
b. new fill layer - menciptakan layer vektor
c. add vector mask - menciptakan vektor masking.
d. create clipping mask - menciptakan layer dengan cara melaksanakan clipping layer yang berada di atas layer yang aktif
e. arange - melaksanakan pengaturan posisi layer

23. Dalam submenu New pada hidangan layer Anda sanggup membuat....
a. layer menu
b. layer set
c. action set
d. history
e. snapshot

24. Submenu "Type" dipergunakan untuk....
a. mengubah parameter content yang dibentuk dengan perintah New Adjustment Layer
b. mengubah image vektor menjadi raster
c. menciptakan pembiasaan pada layer huruf
d. menciptakan slice gres pada layer aktif
e. menciptakan vector masking

25. Untuk menciptakan masking gres pada layer yang sedang aktif dipergunakan....
a. enable/disable layer masking
b. create clipping mas
c. arrange
d. align linked
e. add layer mask

26. Berikut ini yang bukan termasuk agenda aplikasi grafis berbasis bitmap yakni ….
a. Microsoft Word
b. Corel Photo-Paint
c. Macromedia Firework
d. Microsoft Photo Editor
e. Adobe Photoshop

27. Pusat perhatian utama dalam proses penyuntingan gambar yang menampilkan image beserta layer-layernya yang aktif disebut ….
a. tool palette
b. hidangan bar
c. image
d. status bar
e. canvas

28.

 Gambar ikon di atas adalah...

a. zoom tools
b. background color
c. move
d. lasso tools
e. marquee tools

29. Proses memotong sebagian dari image memakai ….
a. text tools
b. shape tools
c. magic wand tools
d. cropping tools
e. stamp tools

30.



Gambar ikon di atas yakni ….
a. shape tools
b. hand tools
c. stamp tools
d. lasso tools
e. marquee tools

31. Untuk mempergunakan rectangular dan elliptical marquee dengan cara ….
a. tekan tombol M pada keyboard
b. tekan tombol F1
c. menekan tombol shift
d. tekan tombol F10
e. mengklik dan drag pada image

32. Berikut ini yang termasuk submenu pada lasso tool yakni ….
a. rectangular
b. elliptical marquee
c. magnetic lasso 
d. magic wand
e. masking

33. Fungsi dari polygonal lasso yakni ….
a. untuk menciptakan kotak atau bulat yang lebih tepat …
b. untuk menciptakan seleksi secara bebas
c. untuk menciptakan seleksi pada image yang mempunyai warna kontras
d. untuk menciptakan seleksi pada image yang bersudut
e. untuk menempatkan pointer di tengah-tengah

34. Untuk menambah seleksi tekan …. sambil mengklik bidang yang ingin diseleksi.
a. alt
b. shift
c. enter
d. F4
e. F9

35. Untuk mengurai seleksi dipakai tombol …. sambil mengklik bidang yang dikurangi seleksinya.
a. shift
b. F5
c. alt
d. enter
e. ctrl + F4

36. Tools untuk menghilangkan noda pada foto dipakai ….
a. magic wand
b. healing brush tool
c. erase tool
d. lasso tools
e. stamp tools

37. Kamu sanggup menyimpan workspace dengan perintah ….
a. windows > reset palette location
b. windows > save workspace
c. windows > workspace > purge
d. windows > workspace > reset palette location
e. windows > workspace > save workspace

38. Kamu sanggup mengatur kekuatan semprotan brush sanggup diatur dengan mengatur slider ….
a. color
b brightness
c. master diameter
d. blending option
e. mode

39. Tranparansi semprotan brush sanggup diatur dengan mengatur slider ….
a. color
b brightness
c. mode
d. opacity
e. master diameter

40. Untuk mengambil sample dan meletakkannya pada image lain memakai tools ….
a. stamp tool
b. marquee
c. shape tool
d. canvas
e. hand

II. SOAL ESSAY


1. Tuliskan empat submenu yang ada di hidangan Edit!
Jawab : copy merged, purge, transform dan define pattern

2. Apa yang kau ketahui ihwal Adjusment?
Jawab : Untuk melaksanakan beberapa koreksi image, seperti: warna dan tingkat kecerahan

3. Bagaimana cara menjalankan agenda Adobe Photoshop? Jelaskan!
Jawab : mengunakan shortcut yang terdapat pada start menu. Klik pada Start - agenda - Photoshop CS.

4. Sebutkan fungsi submenu transform pada hidangan Edit ...
jawaban :
a. Mengubah ukuran, kemiringan, dan perspektif image, dengan pilihan
b. Scale, mengubah ukuran image yang terdapat pada layer yang sedang aktif
c. Rotate, mengubah sudut kemiringan image
d. Skew, mengubah kemiringan bidang
e. Distort, mengubah distorsi sudut pandang image
f. Perspective, mengubah perspektif image
g. Macam-macam rotate, merotasi sebanyak nilai yang kita masukkan
h. Filip horizontal, membalik image secara horizontal
i. Flip vertical, membalik image secara vertikal

5. Apa fungsi dari open as, page setup, new, browse dan file info?
Jawab :
- open as berfungsi membuka image secara spesifik dengan format gambar tertentu.
- Page setup berfungsi melaksanakan pengaturan halaman untuk dicetak.
- File info berfungsi menampilkan dan menciptakan informasi mengenai image yang sedang dibuka
- New berfungsi menciptakan image baru
- Browse berfungsi membuka/melihat image dengan thumbnail atau preview

6. Apa yang kau ketahui ihwal layer? Jelaskan kegunaan layer!
Jawab : layer yakni bidang transparan yang sanggup diisi image, berfungsi untuk pembiasaan letak.

7. Jelaskan fungsi dari last filter!
Jawab : melaksanakan kembali proses filter yang terakhir dilakukan

8. Apa fungsi dari proof color?
Jawab : menampilkan atau menyembunyikan walking color yang ada pada submenu proof setup.

9. Menu view dipakai untuk....
Jawab : menampilkan banyak sekali pilihan view sesuai dengan kebutuhan

10. Menu filter dipakai untuk....
Jawab : untuk menampilkan banyak sekali view sesuai dengan kebutuhan


Baca Juga :
  1. Soal Latihan Keamanan Jaringan Beserta Jawabannya 
  2. Soal Latihan Komunikasi Data Beserta Jawabannya 
  3. Soal Latihan Pemograman Dasar Beserta Jawabannya 
  4. Soal Latihan Sistem Komputer Beserta Jawabannya 


Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pelajaran photoshop Beserta Jawabannya, Lengkap ini, biar bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Photoshop, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. biar bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih                     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel