Widget HTML #1

6 KRITERIA DAN CIRI SISWA YANG AKTIF DAN KREATIF

Ketika anda telah lulus sekolah atau madrasah bahkan sudah lulus dari perguruan tinggi seringkali ditemukan penyesalan kenapa dulu ketika masih menempuh pendidikan tidak belajar secara rajin dan Bagas seringkali malas-malasan. Penyesalan ingin menjadi peringatan bagi peserta didik yang masih aktif sampai sekarang yang menegaskan betapa pentingnya belajar secara maksimal.

Karena usia sekolah atau usia muda ini merupakan kesempatan emas untuk belajar dan bukan hanya mengukir prestasi akan tetapi lebih dari itu. Dimulai dari sumber daya manusia atau SDM 3 karakter dan juga kepribadian menjadi bekal yang berharga untuk dapat menyongsong masa depan yang cemerlang.

Seperti terdapat kalimat bijak yang mengatakan bahwa belajar di masa tua ini seperti menulis di atas air dan sedangkan belajar di masa muda seperti mengukir diatas batu. Yang mana ini berarti di masa tua ini seiring dengan bertambahnya banyak tanggung jawab untuk mencari nafkah dan juga menghidupi keluarga serta anak dan istri yang tentu saja membuat waktu luang ini akan menjadi semakin berbeda di suatu sekolah. dan lain hal yang jika di masa-masa sekolah ini sangat jarang sekali orang tua yang membiarkan anaknya untuk bekerja. 







Kecuali untuk melakukan pekerjaan ringan ataupun pekerjaan-pekerjaan di rumah. Akan tetapi pada umumnya orang tua sekalipun dapat mengarahkan anaknya untuk belajar di setiap hari ini bukan hanya di sekolah, akan tetapi dapat dilakukan di rumah.

Berikut ini beberapa kriteria atau ciri-ciri siswa siswi pelajar yang aktif dan kreatif.

1. Mempunyai hobi membaca

Salah satu ciri-ciri dari siswa yang aktif dan kreatif yang pertama ialah mempunyai hobi membaca. Tidak hanya buku pelajaran ataupun buku penunjang pembelajaran akan tetapi juga buku pengembangan diri ataupun majalah serta media lain yang sekiranya dapat bermanfaat ia baca dan mencoba untuk memahaminya. 

2. Belajar tidak perlu jadwal khusus

Ciri-ciri siswa yang aktif dan kreatif selanjutnya ialah mempunyai waktu belajar yang tidak terjadwal kan. Bagan di hari libur pun ini juga bisa ditentukan sebagai kegiatan untuk belajar. Yang mana jika ia menemukan beberapa hal yang tidak ia pahami maka ia akan belajar dan mencari jawabannya. Tidak ada jadwal di setiap hari belajar dan juga tidak ada hari libur dalam belajar tersebut.

3. Berani untuk bertanya

Salah satu ciri-ciri dari siswa yang kreatif dan aktif selanjutnya ialah berani untuk bertanya. Yang mana ia kaka secara tidak segan untuk menanyakan sesuatu kepada guru mengenaik hal-hal yang ita tidak pahami untuk mendapatkan jawaban.

4. Berpikir kritis dan analitis

Ciri-ciri dari siswa yang kreatif dan aktif selanjutnya ialah berpikir kritis dan analitis. Dimana suatu pembelajaran ataupun informasi yang tidak langsung ia mentang-mentang aturan akan tetapi ia akan mempertimbangkan sedemikian rupa sehingga informasi tersebut ini dapat ditarik kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.

5. Terbuka

Ciri-ciri siswa yang aktif dan kreatif selanjutnya ialah mempunyai sifat terbuka. Yang mana ia akan terbuka terhadap teman dan melakukan sharing ilmu pengetahuan yang telah ia pahami dan juga dapat mau menerima kritikan ataupun saran dari siapapun yang sekiranya ini dapat memperbaiki apapun di dalam dirinya.

6. Mandiri

Ciri-ciri dari siswa yang kreatif dan aktif selanjutnya ialah mandiri.yang mana ia mempunyai sifat proaktif. Tampa menunggu perintah guru nya ia aka melakukan tugas tersebut dan mengerjakannya. Di rumah atau di manapun. Yang mana iya kan selalu sedangkan orang tuanya dan apapun ya iya bisa bantu ia akan melakukan hal tersebut.

Selain beberapa kriteria yang ada di atas ciri-ciri siswa yang aktif dan kreatif yaitu saja masih terdapat kebiasaan yang lain yang sangat bermanfaat yang bukan hanya dirinya saja tetapi bermanfaat bagi orang lain. Semoga bermanfaat!!