Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 DAMPAK NEGATIF MENCONTEK SAAT UJIAN

Di dalam mengerjakan tes ataupun ujian tulis di sekolah merupakan sebuah kebiasaan mencontek ini salah satu hal yang tidak baik. Hal ini bukan hanya dikarenakan tidak jujur akan tetapi juga dapat merugikan diri sendiri dan juga dampaknya memang tidak langsung terlihat pada saat itu juga akan tetapi di kemudian hari atau masa depan. 

Lalu apa sajakah yang menjadi kerugian yang ditimbulkan dengan adanya kebiasaan mencontek di dalam ujian? Berikut ini beberapa kerugian dari kebiasaan mencontek di saat mengerjakan tes atau ujian.











1. Tidak dapat mengukur kemampuan diri sendiri

Dampak dari kebiasaan menyontek yang pertama ialah tidak dapat mengukur kemampuan diri sendiri. Dengan kegiatan mencontek ini tentu saja proses hanya menyalin sesuatu dari sumber ke tujuan. Yang mana Di dalam proses ini tentu saja sumber daya yang diupayakan tidak optimal. Beda halnya jika anda mengerjakan sebisanya dan setahunya saja maka anda akan dapat mengetahui sampai dimana kemampuan anda. Sehingga setelah ujian dapat berlangsung maka anda dapat mempelajari dan memperdalam kembali sebuah hal yang diujikan tersebut untuk dapat menjawab dengan benar di kemudian hari.

2. Dapat menambah kemalasan untuk belajar

Dampak buruk dari mencontek saat mengerjakan ujian yang selanjutnya ialah dapat menambah kemalasan untuk belajar. Kebiasaan mencontek tidak dapat berdampak kepada kemalasan untuk belajar dan cenderung tidak mau repot-repot dan pusing di dalam belajar. Ada perlu mengingat belajar merupakan salah satu proses berusaha atau berlatih untuk dapat memperoleh kepandaian atau ilmu sehingga ini dapat merubah tingkat kepintaran ataupun tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman yang sudah dipahami.

3. Kepercayaan diri berkurang

Dampak negatif dari kebiasaan menyontek dalam mengerjakan ujian yang selanjutnya ialah kepercayaan diri menjadi berkurang. Kebiasaan menyontek ini itu lama-kelamaan akan dapat mengurangi rasa kepercayaan dan kemampuan diri Anda. Padahal setiap manusia pasti mempunyai keunikan dan juga ke berlebihan. Dengan anda lakukan kebiasaan mencontek ini secara terus-menerus ini akan membuat rasa kepercayaan diri Anda berkurang karena tidak merasa diri Anda benar.

4. Nilai yang didapatkan tidak objektif

Dampak ataupun kerugian yang didapatkan ketika mengerjakan tugas atau ujian dengan cara mencontek selanjutnya ialah mendapatkan nilai yang tidak objektif. Dengan ada mencontek ini tidak akan menutup kemungkinan nilai yang anda dapatkan ini seharusnya bisa lebih baik jika tidak mencontek. Akan tetapi dikarenakan Anda mencontek maka nilai anda akan dipertaruhkan Sama persis dengan kemampuan teman yang lain yang dicetaknya tadi. Hadis merupakan hal yang merugikan bukan? 

5. Mengurangi daya kreativitas

Dampak atau kerugian dari kegiatan mencontek bisa mengerjakan ujian atau tugas selanjutnya ialah dapat mengurangi daya kreativitas. Dikarenakan kebiasaan meniru secara terus-menerus hal ini akan membuat kepekaan dan menciptakan sesuatu ini semakin memudar. Dan yang paling berbahaya ialah ketika kebiasaan mencontek ini akan mematikan kreativitas atau daya cipta itu sendiri. 

Dan tentunya terdapat masih banyak dan Pak negatif yang lain yang bisa timbul dari kebiasaan mencontek ini oleh karena itu anda perlu menghindari dan menjadi pelajar yang sejati dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran dan sportivitas yang percaya terhadap kemampuan diri sendiri. Semoga bermanfaat!!