Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 TATA TERTIB SEKOLAH YANG PERLU DIKETAHUI

Setiap siswa di dalam sebuah sekolah tentunya mempunyai kewajiban untuk dapat mentaati semua tata tertib yang ada di lingkungan sekolah tanpa terkecuali. Tata tertib tersebut ini dibuat agar dapat membuat kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah ini dapat berjalan dengan tenang dan juga nyaman, sehingga setiap siswa dapat meraih prestasi yang terbaik dan tidak hanya siswa saja sebenarnya tata tertib dia juga harus berlaku bagi guru dan staf dan seluruh warga lingkungan dari sekolah.

Tata tertib sekolah ini juga dibuat dan juga disusun dengan tujuan untuk dapat mengatur perilaku sumber daya manusia di dalam lingkungan sekolah tersebut, yang meliputi guru dan siswa serta staf dan semua orang yang berada di dalamnya. Dengan adanya peraturan tersebut maka diharapkan pola perilaku manusia di dalam lingkungan sekolah ini dapat sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi dari lembaga pendidikan tersebut.







Berikut ini beberapa tata tertib di lingkungan sekolah yang perlu diperhatikan.

1. Jam masuk sekolah

Tata tertib di lingkungan sekolah yang perlu diperhatikan yang pertama ialah jam masuk sekolah. Setiap sekolah tentunya mempunyai tata tertib tentang jam berapa semua siswanya ini harus berada di kelas dan mengikuti pembelajaran. Pada umumnya jam sekolah ini dimulai pada pukul 7 pagi dan setiap siswa harus datang sebelumnya agar tidak terlambat. Dan masing-masing sekolah ini juga menetapkan peraturan bagaimana jika siswa datang terlambat, apakah mereka nantinya akan diperbolehkan masuk atau pun harus meminta izin ke guru terlebih dahulu. Semua peraturan tersebut ini juga harus selalu ditaati oleh semua siswa agar siswa dapat masuk kelas dan mengikuti pembelajaran. 

2. Kegiatan belajar di dalam kelas

Tata tertib yang perlu diperhatikan di sekolah khususnya di SMA yang selanjutnya ialah kegiatan belajar di dalam kelas. Peraturan di sekolah ini juga berlaku ketika siswa ingin mengikuti kegiatan belajar mengajar yang ada di dalam kelas. Contohnya ketika setiap pagi petugas piket ini harus menyapu kelas dan juga wajib menyiapkan peralatan mengajar guru seperti kapur tulis dan juga spidol serta absensi dan sebagainya. Siswa yang ingin meninggalkan kelas dan melakukan kegiatan ketika pembelajaran berlangsung ini juga harus meminta izin kepada guru dan menyebutkan secara jelas apakah yang menjadi keperluan mereka ingin meninggalkan pembelajaran.

3. Jam pulang sekolah

Tata tertib di sekolah khususnya di SMA yang perlu diketahui yang selanjutnya ialah jam pulang sekolah. Sama halnya dengan jam masuk di saat sekolah. Seluruh warga sekolah ini juga mempunyai kewajiban untuk dapat mentaati waktu pulang sekolah. Sebelum jam pulang sekolah tiba maka siapapun yang akan meninggalkan lingkungan sekolah ini tentunya harus meminta izin terlebih dahulu. Kalau tanpa izin maka ini disebut membolos dan akan diberikan hukuman tertentu.

4. Etika dan kesopanan di sekolah

Tata tertib di sekolah khususnya di SMA yang perlu diperhatikan yang selanjutnya ialah etika dan kesopanan di sekolah. Di samping mengatur teknik-teknik yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang ada di sekolah, peraturan sekolah ini biasanya juga mencakup tentang etika dan juga kesopanan.

Yang mana mencakup bagaimana seorang siswa harus bersikap selama berada di lingkungan sekolah yang diatur dengan jelas melalui peraturan yang ada. Contohnya dari etika kesopanan di lingkungan sekolah ialah ketika menyapa guru dan tidak melakukan tindakan perundingan terhadap teman yang lain. Contoh lainnya seperti tidak boleh memakai seragam sembarangan seperti baju dikeluarkan dan sebagainya.

Itulah dia beberapa tertib di sekolah yang perlu diperhatikan ikan yang biasanya ditemui di lembaga pendidikan manapun termasuk juga di SMA. Semoga bermanfaat!!