Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 LANGKAH MANAJEMEN KELAS YANG BENAR

Sebagai seorang guru tentunya harus mengetahui langkah-langkah manajemen kelas yang baik. Hal ini penting agar dapat membuat kelas yang nyaman dan aman dapat tercapai. Tanpa adanya manajemen kelas yang baik dan ini tentunya tujuan yang dibuat tidak akan tercapai malah pembelajaran akan berjalan tanpa arah.






Dan tentunya mengingat pentingnya manajemen kelas ini maka anda harus mengetahui dan menerapkannya sedini mungkin untuk dilakukan di dalam program-program yang tepat. Manajemen keluar sendiri ini juga bisa diartikan secara cara umum yaitu untuk mengelola kelas dengan baik demi tujuan tertentu. 

Berikut ini beberapa langkah manajemen kelas yang benar yang bisa anda ikuti.

1. Menentukan struktur kepengurusan kelas

Langkah-langkah manajemen kelas yang benar yang bisa anda ikuti yang pertama ialah dengan menentukan struktur kepengurusan kelas. Anda bisa menentukan orang-orang yang akan mengelola kelas sesuai dengan seksi ataupun bidang yang masing-masing.

Penyusunan struktur kelas ini bisa dapat membuat siswa mempunyai andil di dalam struktur kepengurusan sehingga mereka ini tidak hanya saling melempar tanggung jawab dikarenakan sudah mampu untuk tanggung jawab masing-masing. Sedangkan jika struktur ini diperuntukan untuk sebagian kecil saja maka tentu saja tidak dipilih akan merasa down dan dapat menjadi pengganggu di kelas.

2. Membuat program belajar yang tepat

Langkah untuk membuat manajemen kelas yang benar yang selanjutnya ialah dengan membuat program belajar yang tepat. Jika struktur kepengurusan kelas ini sudah terbentuk maka selanjutnya Anda bisa membuat program pembelajaran. Program di sini berupa program belajar jangka pendek ataupun program belajar jangka panjang. Tidak lupa juga untuk membuat program berbasis bakat ataupun prestasi agar membuat siswa tidak bosan dan juga selalu semangat di dalam kegiatan belajar. 

Jika hanya terdapat struktur kepengurusan akan tetapi tidak ada program pembelajaran maka tentu saja pengelolaan kelas ini tidak akan terlaksana secara maksimal. Hal ini dikarenakan esensinya memang tidak ada yang akan dikelola sehingga akan tersisa nama-nama struktural saja yang terpasang di dinding kelas.

3. Melakukan pengawasan kinerja struktur kelas

Langkah manajemen kelas yang benar selanjutnya ialah dengan melakukan pengawasan kinerja struktural kelas. Sebagai wali kelas ini anda bertugas untuk manajemen kelas yang mereka harus mampu untuk melihat kinerja dari bawahannya ataupun siswa yang namanya ada di papan struktur tersebut.

Anda bisa mengawasi mereka apakah sudah bekerja dengan baik atau tidak. Jika memang memerlukan kuburan maka anda bisa menunggu sebelum kegiatan pembelajaran ini semakin rusak. Tanpa ada pengawasan maka manajemen kelas ini tidak akan berhasil dikarenakan kegiatan yang berjalan secara serampangan.

4. Melakukan evaluasi kegiatan struktural kelas

Langkah manajemen kelas yang benar selanjutnya ialah dengan melakukan evaluasi kegiatan struktural kelas. Merupakan hal yang tidak mungkin bahwa kegiatan berjalan secara sempurna karena sejatinya tidak ada hal yang sempurna di bumi ini.

Tugas seorang wali kelas ini hanya mengupayakan apa yang tidak sempurna tersebut dan juga diperbaiki supaya kegiatan berikutnya ini lebih bagus yang berarti kesalahan-kesalahan yang muncul ini harus dijadikan sebagai pembelajaran. Oleh karena itu di dalam setiap manajemen harus membutuhkan evaluasi yang merupakan langkah terakhir yang bisa dijalankan untuk penilaian.

Itulah dia beberapa langkah-langkah manajemen kelas yang bisa anda ikuti untuk dapat membuat manajemen kelas yang benat.  Sem oga bermanfaat!!