Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 JENIS PERMAINAN EDUKASI SEDERHANA BAGI ANAK TK

Permainan ada bukan hanya untuk hiburan semata akan tetapi juga dapat dijadikan sebagai jalan untuk dapat meningkatkan kemampuan anak terutama dalam hal kecerdasan. Terdapat berbagai macam permainan edukasi yang sederhana yang bisa membuat anak dapat termotivasi. 

Bagan ini juga dapat membuat bakat yang mereka punyai dan biasanya permainan jenis ini juga digunakan untuk dapat merangsang dan juga melatih kemampuan anak. 

Merupakan sesuatu hal yang benar jika dikatakan bahwa dunia anak adalah dunia untuk bermain-main dan untuk mencari kesenangan serta juga hiburan. Akan tetapi jika dibarengi dengan sedikit edukasi dalam permainan tersebut maka ini sangat bermanfaat bagi anak itu sendiri. 







Berikut ini beberapa permainan edukasi sederhana yang bisa anda terapkan di anak-anak TK.

1. Permainan puzzle

Permainan edukasi yang sederhana ini pertama yang bisa anda kenakan dengan buah hati anda ialah permainan puzzle. Umumnya terdapat banyak orang yang percaya bahwa permainan yang satu ini mampu untuk melatih anak untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan mudah dan cepat. Alasan utamanya ialah karena permainan yang satu ini di Indonesia untuk membuat anak menjadi lebih kreatif dalam berpikir. Di dalam permainan puzzle ini anak dituntut untuk menyelesaikan tugas ataupun masalah dengan cara merangkai atau menyusun puzzle. Untuk dapat menyusun puzzle agar cepat selesai dengan baik dingin ini diperlukan pemikiran dan juga konsentrasi yang tinggi. Jadi berkat hal ini dapat membantu anak untuk selalu dapat berpikir kritis.

2. Permainan tradisional

Bagi orang tua yaitu ayah dan juga ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan tradisional karena telah memainkannya saat mereka masih kecil. Meskipun bisa permainan tradisional ini sudah jarang ditemui dan dimainkan akan tetapi banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan permainan tersebut. Akan tetapi permainan tradisional ini juga mempunyai sisi edukatif tersendiri dan juga tentu sangat menghibur. Terdapat banyak macam permainan tradisional yang bisa anda mainkan yaitu seperti permainan congklak dan engklek. Dengan momen ini permainan tradisional ini juga akan membuat anak lebih kreatif di dalam berpikir dan juga mengajarkan sebuah kesederhanaan kepada si kecil.

3. Permainan mewarnai

Permainan edukasi yang sederhana yang berikutnya yang bisa diajarkan kepada anak yaitu sebuah kegiatan mewarnai. Dalam kegiatan atau permainan mewarnai ini terdapat banyak mendatangkan manfaat bagi anak yaitu bagaimana anak mengenal secara baik berbagai macam warna serta fungsinya. dan dengan begitu maka anak akan terlatih memori dan cara berpikir anak menjadi lebih cepat di dalam mengingat semua hal. Selain itu jika anak diajarkan untuk mewarnai ini juga dapat mengajarkan dan memberikan arahan kepada anak sebagaimana fungsi warna menurut jenisnya dan juga penggunaannya. 

4. Permainan angka atau berhitung

Permainan edukasi yang sederhana yang bisa diajarkan kepada anak yang selanjutnya ialah permainan angka atau berhitung. Di saat mengenalkan angka kepada ciri-ciri tentu saja dapat bermanfaat bagi anak untuk dapat merangsang daya ingat dan juga cara berpikir mereka. Anda bisa menggunakan waktu yang baik untuk dapat memainkan permainan ini dan lebih baik jika anda selalu rutin mengajarkan permainan ini. Semakin sering Anda mengajarkan ini kepada anak dan juga meningkatkan level dalam permainannya maka ini juga akan semakin baik pula untuk kemampuan daya ingatnya.

Itulah beberapa permainan edukasi yang sederhana yang bisa anda terapkan untuk anak TK. Semoga bermanfaat!

by:jadiguru,com