Widget HTML #1

Modul Sistem Komputer Lengkap

Modul ini berisi materi yang berupa konsep dasar dalam mengenal dan mempelajari SISTEM KOMPUTER bagi siswa-siswi kelas X

Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ,Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Multi Media (MM).

Melalui modul ini siswa-siswi kelas X akan dibekali materi yang lebih mendalam mengenai konsep dasar dari sistem komputer dari sisi perangkat kerasnya.

Tujuan dari pendalaman materi ini antara lain agar siswa-siswi kelas X lebih mampu mengoptimalkan aplikasi komputer serta lebih memahami tentang perangkat keras serta sangat mendukung dalam mengatasi permasalahan yang timbul dalam pengunaan sehari-hari.

Bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih diharapkan dapat lebih mampu mendasari pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan komputer untuk berbagai kebutuhan berdasarkan kompetensi bidang masing-masing.

Untuk dapat mengoperasikan, menggunakan komputer, mengetahui lebih lanjut tentang perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware), maka diperlukan satu set sistem komputer yang berfungsi dengan baik dan dapat memahami sistem komputer dasar.

Tahapan untuk menyiapkan bagaimana seperangkat sistem komputer dapat berjalan dengan baik, dan sistem komputer materi dasar telah diuraikan dalam mata pelajaran perakitan komputer

Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah:

  1. Peserta didik telah lulus dalam modul/materi Perakitan PC dan peripheral PC
  2. Peserta didik telah lulus modul/materi didik Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
  3. Peserta didik telah lulus modul/materi didik Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis Text
  4. Peserta didik telah lulus modul/materi didik Menginstalasi software

Petunjuk Penggunaan

Modul ini secara khusus ditujukan kepada siswa-siswi kelas X SMK Bidang TIK untuk paket keahlian RPL, TKJ dan MM, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat digunakan oleh pengajar TIK maupun pembaca ,

praktisi bidang komputer untuk membantu memberikan gambaran umum mengenai konsep dari sistem perangkat keras komputer, arsitektur komputer, struktur komputer serta komponen-komponen pendukungnya.

Juga dilengkapi dengan organisasi komputer dan hubungan antara komponen-komponen pendukungnya.

Modul ini disusun sedemikian rupa sehingga siswa-siswi akan termotivasi untuk belajar mandiri, bereksperimen, berdiskusi dengan sesama siswa maupun pengampu serta mencari tambahan referensi dari berbagai sumber.

Mengingat level pembelajaran modul ini adalah untuk kelas X SMK Bidang TIK maka kedalaman materinya juga disesuaikan pada level tersebut.

Ini salah satu file lengkap yang bisa kalian jadikan acuan untuk proses belajar mengajar dikelas yang diperuntukkan untuk guru, Download modul Sistem komputer file PDF: