Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows 11 Sudah Diluncurkan Apa Bedanya

 Windows 11 Sudah Diluncurkan. Apa Bedanya?

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat, terlebih lagi jika kita berbicara mengenai laptop atau computer. Perkembangannya dari tahun ke tahun semakin sulit saja untuk diikuti.

Bagi kamu penggemar laptop berbasis Windows, ada kabar gembira untuk kamu. Resmi pada tanggal 24 Juni kemarin, meluncurkan versi terbaru Windows, yaitu Windows 11.

Peluncuran Windows 11 sebelumnya sudah dibicarakan oleh Satya Nadella, CEO Windows, pada acara Microsoft Build. Nadella mengungkapkan pada acara tersebut bahwa timnya akan menciptakan serta mengupayakan pengembangan Windows agar dapat menjadi platform yang berinovatif, serta terbuka untuk memonetisasi aplikasi.

Nadella bahkan mengungkapkan salah satu keunggulan Windows 11 nya kali ini yaitu, Windows memberi kesempatan seluas-luasnya untuk para developer mengembangkan serta memonetisasi aplikasi buatan mereka. Microsoft pun akan membebaskan penggunanya untuk dapat unduh aplikasi ataupun game yang non-Microsoft, contohnya dari developer Valve dan Epic Games.

Untuk mewujudkan upayanya tersebut, mereka mengajak Kerjasama Amazon Appstore guna menjadi penyedia aplikasi berbasis Android yang dapat pengguna akses pada Windows 11.

Hal ini membuat Microsoft seakan sangat bertentangan dengan kebijakan Apple yang hingga saat ini masih memberikan eksklusifitasan akan produknya tersebut.

Tampilan berbeda Windows 11

Dengan kehadiran versi terbaru Windows, pihak Microsoft ingin memberikan tampilan baru dari Windows 11 tersebut, diantaranya :

1. Logo jendela


                         Sumber : Kompas.com

Berbeda dengan logo jendela pada versi Windows 10 yang terlihat miring kebelakang dan seakan dengan gambar 4D, pada Windows 11, tampilan jendela dibuat sejajar dengan pandangan, dengan 4 kotak persegi. Gambarnya pun tidak lagi seperti 4D, namun dibuat menjadi 3D. 

2. Tampilan UI atau tampilan antarmuka

                        Sumber : Kompas.com

Tampilan antarmuka Windows 11 dibuat lebih segar dan menonjolkan sisi minimalisnya. Hal tersebut terlihat dari bagian taskbar dan juga menu start yang dibuat menjadi di tengah-tengah tampilan layar, seperti tampilan pada MacOS. Sedangkan pada Windows 10 ataupun versi sebelumnya menu tersebut dibuat pada sisi kiri.

Ikon start nya pun dibuat lebih membulat, dan tidak kaku seperti ikon sebelumnya. Namun, untuk ikon jam, baterai dan juga koneksi tetap pada posisi awal, yaitu di sebelah kanan. Fitur Live Tiles tidak muncul lagi di Windows 11. Fitur Live Tiles merupakan fitur yang menampilkan kondisi cuaca serta informasi berita terbaru.

3. Dukungan aplikasi Android

Keunggulan terbaru yang ditawarkan Windows 11 yaitu saat ini Microsoft memberikan kebebasan untuk penggunanya dapat menjalankan aplikasi di Android tanpa bantuan system operasi lainnya, seperti emulator atau melakukan dual boot OS.

Untuk dapat merealisasikannya, Microsoft memakai Intel Bridge di system x86.

4. Widget

Pada Windows 11, untuk widgetnya yang baru pilihannya akan didukung oleh AI dan Microsoft Edge. Dengan widget, pengguna agar dapat informasi terbaru seperti berita terbaru, cuaca, dan juga foto.

5. Integrasi Teams

Fitur terbaru yang ditawarkan di Windows 11 yaitu fitur Teams. Fitur ini memungkinkan pengguna Windows 11 untuk dapat melakukan panggilan baik video ataupun teks dengan pengguna lainnya.

6. Automatic HDR untuk game

Fitur ini akan menyenangkan para gamers, karena dengan fitur ini, tamoilan dari kontras serta warna yang lebih baik saat pengguna sedang bermain games.

Spesifikasi Windows 11

Meski sudah diinfokan rilis, untuk dapat mendownload versi terbaru Windows ini diinfokan dapat diunduh di bulan November atau Desember hingga terus berlanjut sampai tahun 2022. Spesifikasi yang dibutuhkan yaitu PC dengan prosesor 64-bit, CPU berkecepatan 1 GHz, RAM 4 GB, storage media minimal 64 GB, GPU atau pengolah grafis yang telah mendukung Direct X12.