Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, dan Nilai-Nilainya

Salah satu pendidikan yang penting untuk didapatkan adalah pendidikan karakter. Seberapa penting pendidikan ini dan apa saja yang diajarkan.

Untuk membentuk individu yang lebih baik, salah satu hal yang juga perlu untuk menjadi perhatian adalah pendidikan karakter. Ini merupakan salah satu cara untuk membentuk dan mendidik seseorang guna membangun karakter dan kepribadian yang ada pada dirinya.

Nantinya, pendidikan karakter ini akan bertujuan untuk untuk menanamkan dan memperkenalkan nilai dari sebuah karakter tertentu pada seseorang. Ke depannya, pendidikan karakter ini akan erat kaitannya dengan pembentukan kepribadian.

Pengertian Pendidikan Karakter

Berdasarkan pendapat dari para ahli, pengertian pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk memberikan arahan kepada seseorang dengan mengedepankan esensi dan nilai dari moral serta akhlak. Nantinya, tujuan akhir dari pendidikan karakter ini adalah membantu orang tersebut untuk memahami, memperhatikan,dan melakukan nilai dari sebuah etika.

Seberapa Penting Pendidikan Karakter

Tujuan besar dari pendidikan karakter untuk membentuk karakter dari seseorang. Nantinya, orang tersebut diharapkan memiliki karakter yang sesuai dengan etika dan moral yang ada. Pendidikan karakter juga menjadi penting karena ada beberapa fungsi di dalamnya.

Fungsi Pendidikan Karakter

Jika melihat dari pengertiannya, maka fungsi utama dari pendidikan karakter ini adalah untuk mengembangkan setiap potensi dari tiap individu. Dalam lingkup formal, maka pendidikan karakter akan berfungsi untuk mendidik individu menjadi pribadi yang memiliki akhlak, perilaku, moral, dan juga toleran.

Selain itu, fungsi lain dari pendidikan karakter juga antara lain adalah :

1. Menemukan Potensi

Nantinya, dengan pendidikan karakter ini setiap individu akan menemukan apa yang menjadi potensi dari dirinya. Setelah itu, mereka juga akan bisa mengembangkan dan membentuk potensi tersebut.

2. Penguatan dan Perbaikan

Salah satu fungsi lain dari pendidikan karakter juga adalah melakukan penguatan dan perbaikan. Baik bagi individu ataupun bagi kelompok. Nantinya, setiap individu ataupun kelompoknya tersebut diharapkan akan mampu mengembangkan setiap potensi yang ada. Baik dalam lingkup yang kecil maupun dalam lingkup yang lebih luas.

3. Berfungsi Sebagai Penyaring

Fungsi lain dari pendidikan karakter juga adalah sebagai penyaring. Dalam hal ini, pendidikan karakter ini akan menjadi cara agar masyarakat bisa memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang tidak. Dengan adanya pendidikan ini juga setiap individu diharapkan bisa menentukan pilihan terbaik untuk dirinya sendiri. 

Nilai – Nilai Pendidikan Karakter

Dengan tujuan besar tersebut, tentu ada dalam sistem pendidikan ini ada beberapa nilai yang menjadi acuan. Nilai – nilai pendidikan karakter ini yang nantinya akan menjadi upaya untuk membuat individu ke arah yang lebih baik.

Nilai Utama Pendidikan Karakter

Secara umum, ada 5 nilai utama yang menjadi dasar dari pendidikan karakter itu sendiri. Adapun beberapa nilai – nilai pendidikan karakter tersebut adalah :

1. Religius

Tujuan dari pelaksanaan pendidikan karakter ini adalah agar bisa melaksanakan ajaran dan kewajiban dalam beragama. Sesuai dengan agama ataupun kepercayaan yang dianut. Selain itu, tujuan dari pendidikan ini adalah agar bisa menghargai satu sama lain dalam masalah beribadah dan beragama. Termasuk dalam hal menghargai perbedaan agama ataupun kepercayaan lain.

2. Nasionalis

Nilai pendidikan karakter lainnya adalah nasionalis. Adapun tujuan dari pendidikan ini adalah menghargai dan mengapresiasi budaya sendiri dan juga kehidupan berbangsa. Salah satu tujuan besar dari pendidikan ini adalah menciptakan individu yang taat, disiplin, saling menghargai, dan juga menjaga.

3. Integritas

Nilai dalam pendidikan karakter lainnya juga adalah masalah integritas. Dalam hal ini tujuannya adalah agar individu bisa menerapkan sikap tanggung jawab, konsistensi antara tindakan dan perbuatan, saling menghargai dan memberikan contoh. Nilai integritas ini juga yang nantinya menjadi dasar dalam pengembangan nilai karakter lainnya.

4. Mandiri

Selain masalah integritas, nilai dari pendidikan karakter yang diajarkan juga adalah mandiri. Rasa kemandirian ini untuk menciptakan individu yang bekerja keras, berusaha semaksimal mungkin, dan tidak mudah menyerah.

5. Gotong Royong

Hal penting lain yang juga diajarkan dalam pendidikan karakter adalah gotong royong. Dalam hal ini, tujuan besar yang ingin dicapai adalah bagaimana setiap orang bisa menempatkan diri untuk bekerja sama. Lebih lanjut, pendidikan ini juga akan bertujuan untuk membentuk rasa empati dan juga solidaritas.

Nilai Pendidikan Karakter Lainnya

Selain lima nilai utama tadi, dalam aplikasinya pendidikan karakter juga mengajarkan beberapa nilai – nilai lain yang akan saling mendukung. Nilai – nilai ini juga akan menjadi bagian dari pembentukan karakter seseorang. Adapun nilai – nilai lainnya tersebut antara lain adalah :

1. Jujur

Dalam hal ini, tujuan dari pendidikan ini adalah menjadikan setiap individu sebagai orang yang bisa dipercaya. Baik dalam hal tindakan ataupun ucapan. Nantinya, jujur juga akan menjadi dasar dalam pendidikan karakter yang lainnya.

2. Toleransi

Dalam kehidupan bersosial maka tentu satu hal ini menjadi salah satu yang penting. Toleransi akan mengajarkan bagaimana kalian bersikap ketika menghadapi perbedaan. Baik dalam hal agama, suku, pendapat, atau yang lainnya.

3. Disiplin

Pendidikan ini akan bertujuan untuk membentuk individu yang tertib dan juga patuh. Disiplin juga akan mengajarkan setiap individu untuk bertindak sesuai dengan aturan yang ada.

4. Kerja Keras

Dalam hal ini maka tujuan dari pendidikan karakter ini adalah membentuk individu yang bisa berusaha dan tidak mudah menyerah. Selain itu, tujuan dari pendidikan ini juga membentuk individu yang bisa mengatasi berbagai masalah dan rintangan.

5. Kreatif

Berhubungan dengan mengatasi berbagai rintangan, maka pendidikan lainnya yang diajarkan juga adalah bagaimana menjadi kreatif. Dalam hal ini, kreatif akan diperlukan terutama untuk menghasilkan sesuatu yang baru atau juga menemukan inovasi dan juga solusi.

6. Demokratis

Inti dari pendidikan ini adalah bagaimana kalian bisa menerima dan menyampaikan semua pendapat dengan baik. Dalam hal ini demokratis juga akan membentuk pola pikir, sikap dan cara bertindak serta menilai setiap orang dengan tingkatan yang sama.

7. Keingintahuan

Hal lain yang juga menjadi bagian dari pendidikan karakter adalah menggali rasa ingin tahu menjadi lebih dalam. Sikap ini tentu akan sangat berpengaruh, terutama ketika kalian sedang mempelajari sesuatu. Ini juga hal yang penting dalam hal untuk menambah wawasan.

8. Komunikatif

Ini merupakan tujuan dari pendidikan dasar, di mana setiap individu bisa saling menyampaikan apa yang mereka inginkan dengan cara yang baik dan tidak saling memaksa. Komunikatif juga akan berguna untuk menentukan mana yang terbaik. Hal ini menjadi bagian yang penting terutama dalam kehidupan berkelompok.

9. Kepedulian

Hal lain yang juga akan kalian pelajari dari pendidikan karakter ini adalah bagaimana menumbuhkan rasa kepedulian. Baik untuk sesama manusia, maupun dengan lingkungan. Kepedulian ini juga akan berkaitan dengan bagaimana kalian bersikap. Selain itu, dengan menumbuhkan kepedulian ini juga tujuan akhirnya juga untuk menumbuhkan rasa empati.

Itulah beberapa hal tentang pendidikan karakter yang perlu untuk kalian pahami. Pendidikan karakter ini menjadi hal yang wajib dipelajari baik pada pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan karakter ini juga yang nantinya akan menjadi salah satu cara untuk menentukan dan membentuk bagaimana karakter dari seseorang.