Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Dikonversi (Hardiknas)

Hardiknas 2021, Ada yang Berbeda, Memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (kemndikbud) kali ini memberikan nuansa yang berbeda dalam peringatan yang diadakan pada tanggal 21 Mei 2021 kemarin. Berhubung Indonesia masih digerogoti oleh wabah covid-19, menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi(Mendikbud Ristek) bapak Nadiem Anwar Makarim mengadakan pameran virtual untuk menyambut hari pendidikan nasional. Apa yang menarik dalam Hardiknas 2021? Mari kita simak artikel ini.

Pendidikan di Indonesia Perlu Perubahan

Pameran Hardiknas yang dilakukan secara virtual tersebut diadakan selama 3 hari. Terhitung dari tanggal 21-23 Mei 2021. Dalam jumpanya melalui online meeting, bapak Nadiem Makarim menyampaikan bahwa salah satu hal yang menjadi tantangan pendidikan di Indonesia belum juga maju yaitu kurangnya gerakan yang mengarah kepada perubahan. Beliau menambahkan bahwa filsafah pemikiran Ki Hajar Dewantara yang selama ini dijadikan dasar pendidikan yang ada di Indonesia masih dipandang sebagai slogan saja. Belum ada gerakan perubahan untuk menuju kesana.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi, diadakanya pameran virtual hardiknas di tahun 2021 ini. Siapapun dan dimanapun dapat menikmati pameran yang menginformasikan beragram program serta capaian kebijakan Merdeka dalam Belajar. Pameran virtual hardiknas tersebut sekaligus menjadi perwujudan  atas solusi dari pertanyaan publik, mengapa pendidikan di Indonesia masih belum merata?

Mendikbudristek berharap nuansa peringatan hardiknas yang berbeda di tahun ini dapat membuka pemikiran masyarakat Indonesia dalam rangka bergerak menuju kemerdekaan dalam belajar. Walaupun ada banyak sekali tantangan maupun rintangan yang menghambat kemerdekaan pendidikan bagi beberapa anak.

Seputar Nuansa Pameran Virtual Hardiknas 2021, Sebagaimana pada gambar diatas, nuansa pameran menyuguhkan beberapa stan dengan beragam informasi dan publikasi yang berbeda. Dengan satu stan sebagai panggung utama dalam pameran.

Untuk dapat mengunjungi pameran virtual tersebut, pengunjung diwajibkan mendaftarkan diri terlebih dahulu pada laman pameranhardiknas.com. Pameran diselenggarakan mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Hadirnya 14 stan diatas secara terbuka menyuguhkan informasi sesuai nama stan masing-masing.

Untuk kamu yang ketinggalan pameran virtual hardiknas di tahun 2021 ini. Tenang! kamu dapat mengakses tayangan ulangnya pada laman dibawah ini:


Pembukaan pameran virtual hardiknas 2021

https://youtu.be/DRofAHzJqkE 

Tour: Pameran virtual hardiknas 2021

https://youtu.be/t6sLOCMYpLo 

Penutupan pameran virtual hardiknas 2021

https://youtu.be/1aMlTsjl0Nw 

Jangan berekspektasi yang tinggi ya! wkwk. Karena ini pameran virtual, sesuai namanya. Yang menjaga stan-stan maupun yang memberikan informasi bukanlah manusia yang berbicara secara langsung melainkan gambar animasi. Sangat menarik sekali, tour kamu di pameran tersebut akan terasa begitu berbeda. Inilah salah satu strategi bapak mendikudristek dalam upaya memperkenalkan kecanggihan teknologi kepada masyarakat.

Untuk selengkapnya kamu bisa langsung saja akses link yang ada di atas. Semoga bermanfaat ya!