Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Teknik Public Speaking agar Presentasi Lancar

Teknik Public Speaking agar Presentasi Lancar. Teknik Public speaking merupakan salah satu kemampuan wajib yang harus dimiliki seseorang untuk memperluas relasi. Public speaking tidak hanya digunakan untuk mendapatkan relasi dalam menunjang karir, namun juga akan sangat berguna untuk menjalani presentasi dengan baik. Presentasi, bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kalangan pelajar, baik pelajar menengah pertama, pelajar menengah atas, sampai ke tingkat mahasiswa, dan juga bagi para pekerja kantoran.
Meskipun menjadi hal yang sudah sangat sering dilakukan, namun tak jarang masih banyak orang yang belum terbiasa untuk melakukan presentasi. Maka dari itu, kali ini kita akan mencoba mengulas teknik public speaking agar presentasi dapat berjalan lancar. Mari kita simak satu persatu.


Siapkan Materi dengan Matang
Penyiapan materi ini tidak dapat dipisahkan dari presentasi yang akan dilakukan. Persiapan ini bisa dilakukan dengan membuat poin-poin materi yang akan disampaikan pada Microsoft powerpoint. Agar mendapatkan materi yang memadai, maka sebaiknya pembuatan materi ini dilakukan minimal 3 hari sebelum pelaksanaan. Materi presentasi dapat didukung dengan foto-foto serta video-video yang akan memperjelas penjelasan saat presentasi.

Memahami materi dengan baik
Sebelum menjelaskan pada orang lain, maka seharusnya kita sebagai pembicara pada presentasi haruslah memahami dan menguasai materi yang akan disampaikan. Maka, sebelum presentasi dilakukan, disarankan untuk mencari dan memperkaya literasi untuk mendukung bahan materi.

Berpakaian sopan dan nyaman
Cara berpakaian merupakan salah satu unsur yang dapat menunjang kepercayaan diri. Maka sebelum presentasi dilakukan, sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman namun tetap sopan. Jika pada kalangan pelajar tentunya menggunakan seragam dengan rapi.
Ucapkan Salam Pembuka dalam Teknik Public Speaking
Salam pembuka merupakan hal-hal penting yang harus disampaikan, apalagi dalam hal-hal yang bersifat formal tentunya. Selain itu, 5 menit pertama dalam presentasi akan menentukan jalannya presentasi.

Penyampaian materi dengan percaya diri
Materi yang telah disiapkan haruslah disampaikan dengan penuh percaya diri dan semangat, agar audiensi juga yakin terhadap penjelasan yang disampaikan. Penyampaian materi bukan hanya terpaku pada materi yang telah ada dalam powerpoint, namun juga seorang pemateri haruslah bisa mengembangkan serta mengeksplorasi dari materi yang telah disiapkan.

Melatih menghilangkan logat daerah
Logat daerah yang terbawa ketika mengucapkan kalimat berbahasa Indonesia, akan terdengar sedikit mengganggu dalam presentasi, apalagi jika presentasi bukan hanya dihadiri dari orang-orang dari daerah yang sama. Maka, untuk mengurangi logat daerah yang bercampur dengan Bahasa Indonesia, haruslah sering-sering berlatih untuk menyempurnakan pengucapan Bahasa Indonesia secara utuh. Karena logat daerah bukan merupakan hal yang cukup mudah untuk dihilangkan tanpa adanya latihan.

Menjawab pertanyaan seyakin mungkin
Jika presentasi dilakukan oleh seorang pekerja untuk mencari relasi ataupun mendapatkan atensi atas ide-idenya, maka tentu untuk meyakinkan relasi dan atasan, haruslah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat presentasi dilakukan dengan baik dan benar.
Namun hal ini tentu berbeda dengan kalangan pelajar, di mana presentasi yang dilakukan bisa bersifat sharing. Maka jika pada kalangan pelajar ketika mendapati pertanyaan yang tidak sanggup dijawab, maka pertanyaan tersebut bisa dilempar kembali kepada para audiens, bahkan pengampunya.
Menutup dengan Salam

Ketika pembukaan dilakukan dengan salam, maka begitu pula pada penutupan yang dilakukan dengan salam. Jika presentasi dilakukan oleh pekerja kepada para relasi, maka sebaiknya juga ditutup dengan kalimat harapan untuk bisa bekerja sama kembali pada proyek-proyek lainnya.
Itulah beberapa teknik untuk public speaking dalam memperlancar presentasi yang bisa diterapkan saat presentasi akan berlangsung hingga saat presentasi. Semoga membantu dalam mengembangkan teknik berkomunikasi serta berbicara di depan umum.