Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal SSD, Teknologi Penyimpanan Komputer yang lebih baik

Dari dulu hingga sekarang, Komputer sudah mengalami banyak perubahan dari segi bentuk, jenis & kemampuannya. Para insinyur terus berinofasi untuk mengembangkan komponen yang lebih praktis dan nyaman untuk di gunakan. Dahulu, komputer mempunyai ukuran yang sangat besar & mengkonsumsi daya listrik yang tinggi. 

Seiring berkembangnya jaman, saat ini komputer mempunyai ukuran yang lebih kecil serta mengkonsumsi daya yang rendah & bisa di bawa kemana-mana, perangkat tersebut adalah komputer jinjing atau Laptop. Begitu juga komponen penyimpanan yang mempunyai ukuran lebih kecil & kapasitasnya besar, contohnya Hardisk, SSD, flashdisk dan masih banyak lagi.

Solid-State Drive (SSD) merupakan hardware komputer yang memakai sekumpulan IC sebagai media yang di gunakan untuk menyimpan data. Data yang disimpan mempunyai sifat permanen atau tidak akan hilang walaupun unit telah dimatikan.

Awal mulanya, SSD di temukan Pada tahun 1980 oleh insinyur dari jepang bernama fujio masuoka yang bekerja di perusahaan toshiba. Kemudian di komersilkan oleh toshiba pada tahun 1987 & di patenkan oleh sandisk pada tahun 1991. Waktu itu SSD dijual dengan harga $1.000 di gunakan oleh IBM di laptop Thinkpad.

Kini, para pengguna hardisk sudah mulai berganti memakai SSD sebagai media penyimpanan yang di gunakan untuk PC atau laptop mereka. Hal ini dikarenakan SSD mempunyai lebih banyak keunggulan yang ditawarkan dibanding hardisk. Apa saja keunggulannya? Berikut ini merupakan keunggulan yang di miliki SSD.

  • Kecepatan transfer data

SSD mempunyai kecepatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan hardisk. Untuk menyalin sebuah file, SSD mempunyai kecepatan 200-550 MB/s, sedangkan harddisk hanya 50-120 MB/s. Bahkan untuk jenis SSD M.2 NVMe yang menggunakan konektor PCIe x4, kecepatan transfer datanya bisa mencapai 3500MB/s.

Selain itu, proses booting yang dihitung sejak unit dinyalakan melalui tombol power sampai sistem operasi siap di gunakan, Komputer/Laptop yang menggunakan SSD membutuhkan waktu kurang dari 20 detik, sedangkan harddisk bisa lebih dari 1 menit.

  • Daya tahan

Berbeda dengan hardisk, SSD tidak mempunyai bagian yang bergerak seperti dinamo & piringan di dalamnya. Dengan begitu, SSD tidak menimbulkan getaran, mengeluarkan suara & panas yang berlebih, karena SSD memakai sekumpulan IC. Semakin banyak IC yang di gunakan, maka semakin besar pula kapasitasnya. Selain itu, SSD juga tahan terhadap guncangan & benturan.

  • Hemat daya

Selain mempunyai kecepatan & daya tahan yang lebih baik, SSD juga lebih hemat dalam mengonsumsi daya. Harddisk mengkonsumsi daya sebesar 6 hingga 7 W. Sedangkan SSD daya yang dikonsumsi lebih kecil yaitu 2-3 W saja. Maka dari itu, SSD sangat cocok jika dipasang pada tablet & laptop

SSD memang mempunyai kualitas yang lebih baik dalam hal kecepatan, daya tahan & hemat daya. Tapi, bukan berarti SSD tidak punya kekurangan. Berikut adalah kekurangan yang di miliki oleh SSD.

  • SSD mempunyai harga yang cukup mahal untuk kapasitasnya yang kecil, berbeda dengan harddisk yang mempunyai harga lebih terjangkau dengan kapasitasnya yang besar.

SSD memang mempunyai banyak keunggulan tapi dibandrol dengan harga yang cukup mahal untuk kapasitasnya yang kecil. Sebagai opsi, kamu bisa menggunakan keduanya jika perangkat yang di gunakan mendukung. Contoh, SSD 120GB di gunakan untuk sistem operasi dan Harddisk 500GB di gunakan untuk menyimpan data lainnya seperti Foto, Vidio dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kecepatan & kapasitas yang besar.

Demikian artikel sederhana tentang mengenal SSD, Teknologi Penyimpanan Komputer yang lebih baik. Semoga bermanfaat!