Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendidik anak mandiri sejak dini

Untuk Mendidik Anak Mandiri Sejak Dini? Lakukan 4 hal ini: Mendidik anak mandiri adalah salah satu tugas orang tua. Karena nantinya seorang anak akan beranjak menjadi dewasa. Jadi kamu sebagai orang tua tidak bisa selalu melindungi anakmu nantinya. Ada saat-saat dia hanya bisa bergantung pada dirinya. Ada saat dimana kamu tidak tidak akan bisa lagi menjaga dunia anakmu tetep sama.

Sebagai seorang ibu pasti juga ingin yang terbaik untuk anak mereka. Karena kamu telah mengandungnya selama sembilan bulan. Kamu membawanya kemanapun saat kamu pergi. Kalian berbagi makanan bersama. Bahkan untuk melahirkannya seorang ibu harus bertarung antara hidup dan mati.

Saat seorang anak lahir baik seorang ibu ataupun ayah pasti memiliki harapan yang besar bagi anak mereka. Tak jarang saat seorang anak perlahan tumbuh menjadi dewasa banyak orang tua yang berharap anaknya sukses, berpendidikan tinggi dan memiliki pekerjaan yang baik. Tapi tak semua anak dapat dengan mudah  mengwujudkan harapan orang tua mereka menjadi nyata.

Mendidik Anak Mandiri itu Mudah

Lalu kemudian banyak orang tua yang menyalahkan anaknya. Dengan kata-kata kamu malas belajar, kamu hanya tahu bermain, kamu tak tahu rasanya susah menjadi orang tua. Pernahkan kamu berfikir? Kamu sebagai orang tuanya siapa tahu karena cara mendidik anakmu yang salah sehingga dia menjadi seperti sekarang?. Siapa tahu karena kamu terlalu memanjakannya sejak kecil dia jadi terlalu bergantung padamu separti sekarang.

Maka itu lebih baik sebagai orang tua untuk mengajarkan anak untuk bisa mandiri sedini mungkin. Selain baik untuk perkembangan emosionalnya mengajarkan anak untuk mandiri juga sebagai bentuk latihan agar anak kalian tahu tidak semua hal yang dia inginkan bisa begitu saja ia dapatkan tanpa usaha dan kerja keras.

Sebagai orang tua coba lakukan beberapa cara dibawah ini. Agar kamu bisa mengajari anakmu bersikap mandiri

1.Biarkan dia menentukan pilihannya sendiri

Untuk melatih anak sejak dini coba untuk memberinya pilihan dalam hal - hal yang sederhana terlebih dahulu. Seperti apa baju yang ingin dia pakai hari ini.  Apa yang ingin dia makan untuk sarapan di pagi hari. Kemana ia ingin pergi saat liburan.

2.Ajarkan kemampuan sosial pada anak

Salah satu alasan kenapa si kecil tidak mandiri dan menjadi penakut karena ia tidak tahu cara berinteraksi dengan orang lain. Sebagai langkah mudah untuk mengajarkan dirinya bersosialisasi, coba ajak si kecil ke supermarket ataupun tempat perbelanjaan biarkan ia untuk membayar barang belanjaan di kasir. Kamu juga bisa mengajak si kecil bertemu dengan anak-anak seusianya agar ia bisa bersosialisasi.

3.Tawari si kecil untuk memberinya bantuan atau melakukannya sendiri.

Walaupun di katakan masih kecil coba untuk bertanya terlebih dahulu pada si kecil apakah ia ingin dibantu atau melakukan nya sendiri. Lakukan ini pada hal yang biasa ia lakukan setiap hari. Seperti makan, mandi, ataupun mengenakan pakaian. Tanyakan terlebih dahulu apakah ia ingin dibantu atau bisa melakukannya sendiri

4.Ajarkan si kecil untuk mengekspresikan perasaannya.

Cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah biarkan si kecil mengekspresikan perasaannya. Biarkan iya menangis saat iya sedih. Biarkan iya berteriak saat marah jangan kamu larang apa lagi dibujuk.  jika kamu ingin menasehatinya lakukan saat amarah dan tangisannya sudah berhenti. Hal ini juga sangat baik untuk pertumbuhan emosional si kecil.

Jadi kamu sebagai orang tua bisa melakukannya empat hal itu untuk mengajarkan buah hatimu. Untuk bisa menjadi mandiri sejak dini. Mudah bukan mendidik anak mandiri sejak dini?

Terimakasih sudah berkunjung semoga ini bermanfaat. Salam Sehat.