Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaringan 5G di Indonesi

Bagi kamu pengguna smartphone mungkin kamu sudah tahu jika kini selain jaringan 4G ada juga jaringan 5G. Jaringan yang di katakan mempunyai kecepatan lebih tinggi dari jaringan 4G.  Jaringan 5G memberikan kecepatan data hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Di Indonesia sendiri jaringan 5G ini sudah bisa digunakan di beberapa tempat yang tersebar di seluruh Indonesia. Telkomsel menjadi operator pertama di Indonesia yang menyediakan layanan jaringan ini di resmikan pada 27 mei 2021 lalu. 

Saat pertama kali di resmikan jaringan 5G Telkomsel hanya bisa di akses oleh masyarakat yang berada di enam lokasi secara residensial di Jabodetabek. Lokasi tersebut antara lain kelapa gading, pondok indah, pantai indah kapuk, bumi Serpong damai, alam sutra Tanggerang Selatan dan di Widya Chandra.

Apakah kamu termasuk orang yang antusias menyambut jaringan 5G ini di Indonesia. Atau kamu malah sedikit khawatir karena desas-desus yang mengatakan jika jaringan 5G memiliki resiko yang cukup besar terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak Anggapan yang mengatakan jika jaringan ini berbahan apakah kamu setuju ?.

Beberapa ahli beranggapan bahwa jaringan 5G berbahaya tapi beberapa ahli lainnya membantahnya dan mengatakan jika jaringan 5G tidak berbahaya. Jadi pertanyaan sekarang adalah 

Apakah benar jaringan 5G berbahaya bagi kesehatan?

Jaringan ini dikatakan berbahaya karena tanggapan mengenai radiasi gelombang yang dipancarkan atau di gunakan lebih tinggi dari jaringan generasi sebelumnya 4G. Di kutip dari "kompas.com " propesor bioteknologi yang berasal jadi Pennsylvania state university Kenneth Foster beranggapan bahwa energi jaringan 5G berbahaya dan dapat menyebabkan luka bakar ataupun kerusakan termal lainnya. 

Namun hal ini hanya bisa terjadi jika manusia berada di sekitar pemancar radio berfrekuensi tinggi. Artinya jika kamu tidak berada di sekitar pemancar radio maka resiko tersebut kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Maka dapat diambil garis besar jika resiko jaringan 5G ini harus di kaji lebih dalam lagi. 

Selain resiko yang menyebabkan ke khawatiran masyarakat untuk menggunakan jaringan ini. Ada juga manfaat yang tentunya akan kamu dapatkan saat kamu menggunakan jaringan generasi terbaru ini. Diantaranya adalah

Manfaat menggunakan jaringan 5G

1.Jaringan yang lebih cepat dari 4G

Dengan menggunakan jaringan 5G  maka kecepatan jaringan tentu lebih tinggi 100 kali dari jaringan 4G.

2. Kemampuan internet berkecepatan tinggi.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir.  Jika menggunakan jaringan 5G kamu tidak akan terganggu dengan jaringan internet yang lemah atau lambat saat sedang menjelajahi dunia Maya.

3. Streaming video maupun film tanpa gangguan

Saat kamu menonton video secara streaming tidak akan ada gangguan video yang tiba-tiba nge-leg.

4. Kapasitas data lebih besar

Terdapat kesediaan dan kapasitas data yang tentunya lebih besar dari jaringan 4G.

5. Pengalaman video call tanpa gangguan

Jika kamu melakukan panggilan video call gambar dan suara yang akan dihasilkan tentu lebih jernih. Jadi pengalaman video call kalian tidak akan terganggu.

6. Kecepatan download yang lebih tinggi.

Saat kamu sedang mendownload berkas jalan jumlah yang banyak dengan kapasitas yang besar. Tentu akan berpengaruh pada jaringan yang kamu gunakan tapi jika kamu menggunakan jaringan 5G kamu tidak perlu khawatir lagi.

Jika kamu ingin menggunakan jaringan 5G maka lebih baik untuk mencari informasi mendetail lebih dahulu. Agar kekhawatiran yang mungkin mengganggu juga akan hilang.

Demikian informasi yang dapat bagikan terimakasih dan salam sehat.