Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Kuliah di Luar Negeri, Yuk Cek Dulu Plus Minusnya

Kuliah di Luar Negeri, Yuk Cek Dulu Plus Minusnya. Pendidikan merupakan aspek penting yang harus menjadi bahan utama bagi masyarakat. Dari jalur pendidikan lah wawasan dapat terbuka luas, serta kesempatan untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik terbuka lebar. Meskipun kampus dalam negeri banyak yang berkualitas, namun sebagian orang tua memberikan fasilitas kuliah di luar negeri dianggap lebih baik.


Bukan ingin meragukan kualitas pendidikan dalam negeri, namun ada beberapa nilai tambah jika anaknya kuliah di sana. 

Keuntungan Kuliah di Luar Negeri, Beberapa keuntungan jika mengambil kuliah di luar negeri :

Anak akan menjadi mandiri

Hidup di negara, membuat menjadi mandiri, karena ia menyadari bahwa posisinya jauh dari keluarga. Ditambah di negeri orang dengan bahasa dan budaya yang berbeda. Karena hal tersebut lah yang menjadikan anak akan bersikap mandiri dan tidak manja.

Mengenal lingkungan baru

Kuliah di negara orang sama dengan perkenalan dengan budaya negara lain dan juga pemahaman kultur sosial lokal yang berlaku di negara tersebut. Hal tersebut dapat menambah wawasan dan cara pandangan anak agar dapat beradaptasi dengan lingkungan yang jauh berbeda dari negara asalnya.

Open minded

Banyaknya budaya serta pengenalan orang dari negara lain, maka membuat anak menjadi seseorang yang berpikiran terbuka serta memiliki sikap toleransi yang terbuka untuk setiap perbedaan yang ia alami. Karena tidak bisa dipungkiri, ia akan bergaul dari beragam jenis suku, budaya, dan dari negara-negara yang berbeda.

Lulusan luar negeri masih dianggap nilai tambah

Stigma masyarakat Indonesia bahwa lulusan di luar dianggap lebih hebat daripada lulusan dalam negeri, hal ini lah yang menjadikan pertimbangan untuk memberikan fasilitas kuliah di luar negeri.

Kemampuan belajar bahasa asing lebih terbuka

Kuliah di luar negeri, pastilah akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki bahasa ibu bukan bahasa Inggris, hal tersebutlah yang menjadi nilai tambah jika kuliah di luar negeri. Anak akan berkesempatan belajar bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris.

Banyak lowongan part time

Jauh dari orang tua, serta biaya hidup yang tidak murah, akan membuat anak untuk belajar lebih hemat atau mencari peluang untuk menambah uang jajan mereka. Di luar negeri, tersedia banyak lowongan kerja part time seperti di coffeeshop, ataupun di restoran cepat saji. Tentunya jika jam kerja kamu banyak, maka penghasilan yang didapat pun akan cukup menambah uang jajan.

Kekurangannya, Dibalik kelebihan yang didapat dari kuliah di luar negeri, ada juga kekurangannya, diantaranya

Sindrome homesick

Seseorang yang sudah jauh dari rumah, akan merasakan rindu akan lingkungan awalnya, dan jika tidak dapat beradaptasi untuk menyelesaikan syndrome ini, seseorang justru bisa sakit karena rindu lingkungan masa kecilnya.

Pengaruh budaya luar

Banyak budaya luar yang belum tentu cocok dengan pemikiran budaya di Indonesia, hal ini lah yang dikhawatirkan, dimana budaya luar justru lebih mendominasi daripada budaya asal.

Perjuangan lebih untuk ibadah

Hal ini berlaku jika memilih negara yang mayoritas agamanya adalah bukan agama yang dianut. Tidak semua tempat ibadah tersedia dekat dengan tempat tinggal, sehingga membutuhkan perjuangan lebih agar dapat beribadah.

Cuaca yang ekstrem

Pengaruh cuaca di negara tujuan pun harus menjadi pertimbangan. Iklim Indonesia yang tropis dan hanya ada dua musim, terkadang membuat seseorang tidak tahan badannya dengan cuaca ekstrem yang sering terjadi di luar negeri.

Isu rasisme

Hal ini kembali lagi terhadap budaya yang ada di negara tujuan, namun ada beberapa negara yang masih memiliki krisis rasisme, dimana ada beberapa ras yang dianggap masih rendah di negara lain.

Namun, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, kuliah di dalam ataupun di luar negeri adalah mengenai pilihan, karena semuanya tergantung dari pilihan serta kemampuan masing-masing.