Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sinergitas Antara Guru dan Orang Tua

Guru merupakan suatu profesi yang ama mulia, karena banyak sekali anak bangsa yang bisa menulis dan membaca berkat jasa dari guru. Kesabaran dan pengorbanan seorang guru sangatlah penting untuk dihargai.

Berkat jasanya yang sangat mulia, ada sebuah kiasa yang menyebutkan bahwa guru bagaikan sebuah pelita di tengah kegelapan. Banyak siswa yang berhasil memiliki pengetahuan berkat mendengar informasi dari sang guru.

Pola tingkah laku seorang anak biasanya akan terbentuk dengan baik saat berada di sekolah, karena guru akan mengajarkan tentang pola pondasi berkehidupan yang benar. Guru sangat berharap anak-anak didiknya menjadi manusia yang memiliki ilmu untuk bekal menjalankan kehidupan.

Tugas Guru Yang Sangat Penting

Mendidik merupakan sebuah tugas penting yang diemban guru selain mengajar murid-muridnya. Guru harus bisa menanamkan budi pekerti yang baik dan menanamkan nilai kehidupan yang sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Pola didik yang diberikan guru diharapkan mampu menjadikan manusia menghargai sesamanya. Dengan adanya saling menghargai antar sesama, maka pola kehidupan masyarakat akan berjalan dengan baik dan kondusif.

Mendidik siswa tidak bisa dilakukan secara instan, karena membutuhkan proses yang sangat panjang. Meskipun proses mendidik panjang, namun nantinya akan membentuk karakter dan moral yang baik untuk kehidupan para siswa atau murid di masa depan. 

Namun ada guru yang hanya mengajarkan ilmu saja tanpa memberikan pendidikan moral, maka akan menjadikan siswa yang berilmu tanpa memiliki akhlak yang baik. Ilmu pengetahuan dan moral harus memiliki sinergitas yang baik.

Secara umum, moral dan akhlak sangatlah menjadi representasikan kepribadian seorang manusia. Dengan konsisten dibentuk dengan akhlak yang baik, maka akan terbentuk manusia yang bisa damai dalam menjalani kehidupan di masyarakat.

Pentingnya Sinergitas Antara Guru dan Orang Tua

Seorang guru memang sering disebut sebagai orang tua di sekolah, karena guru bertugas mendidik dan mengajarkan hal baik selama siswa berada di sekolah. Meskipun guru mendidik konsisten di sekolah, namun tetap harus dibarengi dengan pola didik anak yang benar dari orang tua.

Jika orang tua tidak memberikan disiplin yang baik kepada seorang siswa saat berada di rumah, maka pola didik yang diberikan guru di sekolah akan menjadi hal yang sia-sia. Sinergitas antara guru dan orang tua haruslah terjalin dengan baik.

Didikan guru yang biasanya diterapkan di sekolah seperti cara melakukan ibadah yang sesuai syariah, cara menghormati orang yang lebih tua, pola sopan santun dalam bersosialisasi, cara berbicara yang baik dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua, maka anak akan menjadi sosok yang baik. Saat berada di sekolah guru memiliki peranan penting dalam mendidik siswa dan saat berada di rumah menjadi tugas orang tua.

Orang tua akan menjadi role model seorang anak saat berada di rumah. Jika orang tua mengajarkan hal baik kepada anak, maka hal itu akan memberikan dampak positif buat anak dan menjauhkan dampak negatif untuk kehidupan anak.

Melawan kepada orang tua merupakan suatu perilaku yang pastinya dilarang, sehingga untuk menerapkan sikap itu perlu sinergitas yang baik. Apabila anak menghargai orang tuanya, maka anak tersebut juga akan bisa menghargai orang lain.

Sekian bahasan singkat mengenai artikel pendidikan tentang pentingnya sinergitas antara guru dan orang tua. Semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.