Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enam Kelebihan Utama Zoom Cloud Meeting

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya pandemi telah memaksa sebagian orang untuk beradaptasi dengan teknologi yang mungkin belum pernah disentuh sebelumnya. Kebanyakan berasal dari pekerja kantoran, pendidik, hingga pelajar karena adanya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah. 

Dalam bekerja maupun aktivitas belajar mengajar, banyak orang yang menjadi semakin akrab dengan berbagai macam aplikasi video konferensi, seperti Zoom Cloud Meeting, Google Meet, Skype, Lark, dan sebagainya. 

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa berkomunikasi dengan siapa pun secara langsung tanpa bertemu secara fisik. Salah satu aplikasi video konferensi yang cukup banyak menyita perhatian adalah Zoom Cloud Meeting.


Meski sudah ada sejak tahun 2011, tampaknya aplikasi Zoom baru mulai dikenal sejak adanya pandemi tahun lalu, khususnya bagi masyarakat Indonesia.
Nah, kira-kira apa saja kelebihan utama yang dimiliki oleh platform dari Amerika tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Kualitas Video

Zoom dinilai memiliki kualitas video yang lebih baik daripada video konferensi yang lain. Jika dibandingkan dengan yang lain, video yang tampil pada Zoom memang lebih halus. Hal itu bisa terjadi karena adanya opsi “Touch up my appearance” pada pengaturan video Zoom. Opsi tersebut memungkinkan Zoom tidak hanya berfokus menampilkan wajah kamu saja, tetapi juga gerakan tubuh kamu. Tidak hanya video, kualitas audio pada Zoom juga dinilai lebih bagus dan jernih.

2.Kelancaran Video

Coba kamu bandingkan gerakan tubuh kamu di Zoom dengan aplikasi lain. Kamu akan melihat gerakan tubuh kamu lebih lancar dan halus daripada aplikasi lain. Artinya, Zoom memiliki delay yang lebih sedikit. Kelancaran video menjadi aspek penting dalam video konferensi karena kamu tentu menginginkan komunikasi atau diskusi yang lancar dan jelas.

3.Fitur Latar Belakang Virtual

Keberadaan fitur latar belakang virtual atau virtual background akan menutupi keadaan sekitar ketika kamu sedang melakukan video konferensi. Fitur ini biasanya juga dimanfaatkan ketika acara-acara seminar agar peserta lebih tertib dan demi kepentingan dokumentasi yang lebih baik.

4.Fitur Meeting Recording

Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin melihat kembali hasil konferensi yang telah berlangsung. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan informasi yang ada. Fitur ini biasanya juga dimanfaatkan para penyelenggara kegiatan dengan tujuan menayangkan kembali video konferensi di YouTube.

5.Berbasis Desktop

Jika kamu ingin menggunakan Zoom, kamu harus mengunduh dan memasang aplikasi Zoom terlebih dahulu. Hal itu disebabkan Zoom adalah platform video konferensi yang berbasis desktop, bukan berbasis web. Karena berbasis desktop, Zoom bisa lebih berfokus pada video konferensi yang sedang berlangsung ditambah dengan fitur yang jauh lebih banyak daripada yang lain.

6.Ruang Diskusi yang Besar

Maksud dari ruang diskusi yang besar adalah Zoom memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan 1000 peserta dalam forum diskusi. Bahkan, 10.000 peserta dapat tergabung sekaligus saat siaran langsung.

Zoom dengan berbagai fitur canggihnya telah dipercaya menjadi salah satu penyedia video konferensi yang berkualitas. Kabarnya kini pengguna Zoom gratis sudah bisa melakukan video konferensi tanpa batas tanpa perlu membayar. Hal ini menunjukkan komitmen tinggi Zoom agar para pengguna bisa nyaman ketika memakai platform ini. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa Zoom tetap memiliki kekurangan, seperti penggunaan data yang cukup besar hingga adanya isu kebocoran data pengguna yang sempat ramai awal tahun lalu.

Demikian yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat dan silahkan bagikan keteman-teman anda. Salam Edukasi Salam Sehat.