Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Agar Tidak Bosan Kuliah Online

Bagi Anda Yang Bosan Kuliah Online, Berikut Tips dan Caranya

Haii mahasiwa, kuliah online bagi kamu mungkin sangat membosankan. Tapi tidak ada pilihan lain, itu lah solusi agar tetap bisa kuliah di masa pandemi ini. Mau tidak mau sebagai mahasiswa kita harus tetap menjalani kebijakan yang ada. Kuliah di rumah saja, sambil rebahan pun bisa. Meskipun begitu, kuliah online jangan dijadikan alasan untuk malas-malasan apalagi sampai bosan. Berikut adalah tips bosan kuliah online:

Tips Jika Bosan Kuliah, Selalu Ingat Tujuan Kuliah

Tujuan merupakan hal yang menjadi dasar saat kita akan melalukan sebuah kegiatan. Tujuan akan memberikan arah kemana kita harus melangkah. Ketika kita melakukan sesuatu dengan tujuan yang baik maka hal-hal yang baik pun akan kita dapatkan. Berbeda saat kita tidak punya tujuan, maka apa yang kita lakukan tidak terarah dan sulit untuk mencapai apa yang sebenarnya diinginkan. Begitupun saat kita memutuskan untuk kuliah, pasti punya tujuan masing-masing. 

Ada yang bertujuan untuk mencari ilmu, ada yang bertujuan untuk meraih gelar sarjana, ada pula yang bertujuan agar mudah mendapatkan pekerjaan impian. Tujuan kuliah harus selalu diingat, apalagi saat kuliah dilakukan secara online, dimana mahasiswa menjadi kehilangan semangat belajarnya. Maka dari itu penting bagi mahasiswa untuk selalu mengingat tujuan kuliah. Ketika tujuan kuliah selalu diingat maka akan membangkitkan motivasi belajar, karena menjadi ingat pula apa yang harus dicapai.

Coba Desain Ruang Belajar Anda

Bosan saat belajar pasti ada penyebabnya, salah satunya adalah ruang belajar yang tidak nyaman. Ruang belajar yang tidak nyaman, akan membuat kita menjadi malas untuk belajar. Mendesain ruang belajar merupakan tips yang bisa dilakukan agar mahasiswa lebih semangat dalam belajar.

Tidak perlu dengan biaya yang mahal untuk mendesain ruang belajar. Kamu bisa memanfaatkan barang bekas untuk dibuat kerajinan tangan menjadi hiasan, menggambar untuk bisa dipajang di ruang belajar, membuat quotes motivasi untuk ditempel di dinding ruang belajar, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mendesain ruang belajar.

Selain membuat aneka hiasan dan pajangan dinding, kita juga bisa merubah tata letak benda-benda dalam ruangan tersebut. Ruang belajar yang didesain akan merubah suasana ruang belajar. Sehingga jika hal itu dilakukan maka belajar tidak akan pernah membosankan.

Cari Hiburan Saat Jenuh Melanda

Belajar secara tatap muka langsung memberikan dampak yang lebih baik daripada belajar online. Ketika belajar langsung kita akan berinteraksi secara langsung dengan teman-teman dan dosen di kelas. Hal itu akan membuat suasana yang berbeda dalam setiap harinya, sehingga menjadi lebih semangat belajar. Sedangkan yang terjadi sekarang sangatlah berbeda. Belajar sendirian di kamar, sambil menatap layar laptop atau handphone pasti akan membuat jenuh. 

Tidak ada interaksi secara langsung dengan teman sekelas dan dosen, pemberian materi by zoom, bahkan terkadang hanya pemberian materi lewat WA grup saja. Belom lagi permasalahan lain seperti tidak stabilnya jaringan internet. Tentunya hal itu akan sangat menghambat ketika kuliah online. Ketika semua itu membuat kita jenuh, sudah saatnya kita mencari hiburan untuk sekedar refreshing. Temukan hal-hal yang kamu sukai, misalnya dengan menonton film, membaca, memasak, bermain game, atau lain sebagainya.

Menjadi mahasiswa itu tidak mudah, ada tujuan yang harus dicapai, ada cita-cita yang harus digapai. Bukan menyalahkan kondisi saat ini, namun kita harus bisa beradaptasi dengan situasi. Jangan sampai hanya karena kuliah online akan membuat kita kurang motivasi belajar. Maka dari itu, tiga tips tersebut dapat dilakukan mahasiswa agar tidak bosan kuliah online di rumah. Demikaian tips dari sahabat jadiguru Semoga bermanfaat. Salam Sehat