Widget HTML #1

Cara Belajar Efektif ala Elon Musk

Kenapa Ada orang yang dengan cepat bisa menguasai berbagai bidang berbeda dan bahkan berhasil di semua bidang itu Sementara saya belajar satu bidang saja nggak paham paham.

Mari kita ambil Contoh Elon Musk:
Elon Musk mempelajari Internet dan dari situ dia bisa dirikan Paypal

 Elon Musk belajar Ilmu Teknologi Transportasi kemudian dia bisa ciptakan Hyperloop dan dari situ dia bisa dirikan TESLA

Dia belajar Ilmu Roket, Sains dan diadirikan SpaceX

Dan akhir-akhir ini dia bahkan berupaya menguasai ilmu Bioteknologi supaya dia bisa menciptakan neuro.


Elon musk telah menerobos banyak tembok penghalang dengan teknik belajarnya yang terbukti berhasil Tidak cuma sekali tapi berkali-kali seperti apa sih cara belajar Elon Musk Yuk kita bahas.

Berikut ini saya menemukan artikel menarik ditulis oleh jack dendy yang dalam Bloknya menyebutkan bahwa dia telah berhasil mengidentifikasi cara Elon Musk belajar dia menyebutnya ada dua aturan belajar ala Elon Musk.

Aturan yang pertama adalah bangun pohon pengetahuan dan aturan yang kedua adalah sambung ranting pengetahuan Yuk kita bahas kedua Aturan itu.

BANGUN POHON PENGETAHUAN DAN SAMBUNGKAN RANTINGNYA
Ya betul bahwa Musk adalah seorang yang jenius bahkan Kemungkinan dia disejajarkan dengan Nikola Tesla, Albert Einstein, Isaac Newton Bahkan dia punya cara pandang yang memang berbeda dalam memandang.

Musk dibandingkan dengan kebanyakan pengusaha atau inovator pada umumnya dan tentu saja dia membaca ratusan buku dia juga bekerja dengan cara terbaik di kelasnya tapi bukan itu sebenarnya yang membuat dia jadi pembelajar yang hebat.

Metode belajarnya sebenarnya nggak terlalu canggih canggih amat sih bahkan dua aturannya tadi tentang bagaimana belajar lebih cepat itu bisa diterapkan oleh siapapun dan kapanpun termasuk oleh saya dan anda.

BANGUN POHON PENGETAHUAN
Yok kita mulai kajiannya dari aturan yang pertama yaitu bangun pohon pengetahuan dalam sebuah percakapan di reddit Musk membahas pendekatannya terhadap pembelajaran dan struktur yang ia gunakan dan dia mengatakan:

"Kini penting untuk melihat pengetahuan sebagai semacam pohon semantik pastikan anda memahami prinsip-prinsip dasarnya yaitu batang dan cabang besar sebelum ada Masuk ke dedaunan atau detailnya Jika tidak maka kemana dedaunan itu akan menempel nantinya".

Apa sih maksudnya ini bagi kita kita tuh perlu paham bahwa tidak semua ilmu itu ditimbang dengan bobo atau kepentingan yang sama dalam hal pembelajaran ada perbedaan antara pengetahuan yang ujungnya menggantung di dahan dan pengetahuan yang menyusun pangkal batang pohon tersebut.

Nah Musk itu ahli banget dalam memahami apa yang menjadi inti dari setiap sektor usaha yang ia garap dia selalu mulai dari sana memastikan bahwa dia memiliki genggaman terbaik pada batangnya sebelum dia pindah ke Bagian kecil dari cabang maupun daunnya.

Tetapi kita melakukan yang sebaliknya kita sibuk mempelajari fakta-fakta teknik sementara tidak pernah sepenuhnya memahami Bagaimana atau Mengapa mereka terhubung kembali ke inti atau batangnya.

Hal itu membuat otak kita tuh dipenuhi dengan buanyak sekali pengetahuan yang nggak penting yang bahkan bisa mengakibatkan kesalahan cara berpikir.

Ibaratnya pola belajar kita tuh seperti menanam pohon dengan batang sebesar tusuk gigi tapi punya banyak banget cabang yang gak jelas bentuknya.

Jadi wajar ketika kita coba untuk menjalankan satu gagasan baru atau pemikiran baru ke dalam otak kita malah roboh pohonnya.

Maka teman-teman sahabat semuanya Jika kita ingin mempelajari sesuatu dengan lebih cepat maka kita harus sesuai dengan pengetahuan yang membentuk batang yang kokoh dulu mungkin sedikit lebih lambat pada awalnya.

Tapi tanpa batang yang kokoh tadi kita gak mungkin bisa memiliki dasar yang kuat yang bisa mendukung pembelajaran atau keterampilan tambahan berikutnya

SAMBUNGKAN RANTINGNYA
Aturan yang kedua adalah sambung ranting pengetahuan ini adalah bagaimana Musk mampu menjangkau beragam sektor dan akhirnya bisa menyerap industry.

Katakanlah dalam semalam dia mulai dengan akar yang kokoh dan batang yang padat kemudian ketika dia mulai memperluas pengetahuannya dia mulai menghubungkan cabang dan daun dengan cabang dan daun dari pohon lainnya.

Musk tidak pernah mempelajari sepotong informasi secara acak semua yang dia pelajari dia hubungkan kembali ke pondasi pengetahuan yang lebih dalam dan lebih kokoh.

kata Jack kebanyakan dari kita nih, kita tuh bukan Master Garden atau ahli kebun melainkan kita itu kolektor ranting katanya.

Jadi kita sering kali dalam perjalanan dalam hidup ini kita sering mengumpulkan beragam informasi dari sana dari sini hingga tangan kita tuh capek ngangkat ranting tadi lama-kelamaan jadi bingung nih mau diapain ranting

Iya akhirnya bagi sebagian kita kumpulan ranting itu justru jadi beban yang menghambat hidup kita
Musk menanam pohon di Tanah yang subur yang tumbuh menjadi pusat pembelajaran yang lebat dan berlimpah.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama anda hanya perlu mengikuti dua aturannya bangun batang pengetahuan terlebih dahulu kemudian bekerja untuk membuat sambungan pada ranting-rantingnya.  

Sekian informasi bagaimana kita bisa memahami bagimana cara efektif dalam belajar seperti Elon Musk, Semoga bermanfaat.