Membuat Berkas HTML atau Introduction HTML

Seperti yang sudah kita ketahui, HTML berperan sebagai struktur untuk membangun sebuah halaman website. Dan pada artikel ini kita akan mencoba menuliskan struktur HTML, siap? Pada akhir artikel ini, kita akan membuat halaman website seperti gambar berikut:



Membuat berkas HTML Pertama
Untuk langkah awal tentunya kita membuat sebuah berkas HTML. Kita akan mencoba membuatnya dari nol dengan menggunakan alat yang ada. Gunakanlah text editor usungan sistem operasi masing-masing agar kita tahu bagaimana pengalaman membuat dan menuliskan sebuah kode tanpa bantuan code completion.


Windows
Langkah awal dalam membuat berkas HTML adalah kita buka Notepad pada komputer kita. Untuk membukanya bisa melalui beberapa cara, salah satunya melalui fitur Run yang terdapat pada Windows. 

Silakan gunakan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka jendela Run, kemudian tuliskan “notepad”


Kemudian pilih tombol OK, lalu notepad akan muncul pada layar komputer/laptop kita.



Selanjutnya kita salin dan tempel teks berikut pada notepad:

Bandung
Kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut.
 
 
Sejarah
Kata Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang diceritakan oleh orang-orang tua di Bandung mengatakan bahwa nama Bandung diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibu kota yang lama di Dayeuhkolot.
 
 
Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung juga berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yang merupakan kalimat sakral dan luhur karena mengandung nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an artinya menyaksikan atau bersaksi. Banda adalah segala sesuatu yang berada di alam hidup yaitu di bumi dan atmosfer, baik makhluk hidup maupun benda mati. Sinonim dari banda adalah harta. Indung berarti Ibu atau Bumi, disebut juga sebagai Ibu Pertiwi tempat Banda berada.
 
 
Geografis
Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa, secara geografis kota ini terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, serta berada pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi di berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut.
 
 
Kota Bandung dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum. Dengan kondisi yang demikian, Bandung selatan sangat rentan terhadap masalah banjir terutama pada musim hujan.
 
 
Wisata
Sejak dibukanya Jalan Tol Cipularang, kota Bandung telah menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan akhir pekan terutama dari masyarakat yang berasal dari Jakarta sekitarnya. Selain menjadi kota wisata belanja, kota Bandung juga dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda.
 
 
Farm House Lembang
Berada di jalur utama Bandung-Lembang, Farm House menjadi objek wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain karena letaknya strategis, kawasan ini juga menghadirkan nuansa wisata khas Eropa. Semua itu diterapkan dalam bentuk spot swafoto Instagramable.
 
Observatorium Bosscha
Memiliki beberapa teleskop, antara lain, Refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bimasakti, Refraktor Bamberg, Cassegrain GOTO, dan Teleskop Surya. Refraktor Ganda Zeiss adalah jenis teleskop terbesar untuk meneropong bintang. Benda ini diletakkan pada atap kubah sehingga saat teropong digunakan, atap tersebut harus dibuka. Observatorium Bosscha boleh dikunjungi oleh siapa pun, tanpa tiket. Namun, bagi yang ingin menggunakan teleskop Zeiss, wajib mendaftarkan diri. Untuk instansi atau lembaga pendidikan, diberikan jadwal hari Selasa sampai Jumat. Sementara itu, kunjungan individu dibuka setiap hari Sabtu.

Sehingga sekarang notepad tampak seperti gambar di bawah ini: 



Simpan perubahan pada notepad dengan melakukan Save (Ctrl + S pada keyboard), kemudian pilih lokasi penyimpanan yang kita inginkan. Pada contoh di bawah ini, berkas HTML akan disimpan pada alamat C -> WebDasar.



Lalu di dalam folder WebDasar. Kita simpan berkas dengan nama index.html. Jangan lupa pada bagian Save as type kita pilih “All Files (*.*)” untuk tipe penyimpanannya. Setelah itu, tekan tombol Save.



Setelah berhasil menyimpan berkas index.html, berkas tersebut dapat kita lihat pada folder yang sudah kita tentukan tadi.


Selamat! Dengan begitu kita sudah membuat berkas HTML pertama. Silakan buka berkas HTML tersebut menggunakan suatu browser (dalam contoh ini, kita menggunakan Google Chrome), maka hasilnya akan nampak seperti ini:


Informasi yang tampil, nampak berantakan, bukan? Karena standarnya, browser akan mengabaikan penulisan spasi yang dituliskan secara berulang, begitu juga dengan line breaks (garis baru). Untuk menuliskan garis baru pada HTML, kita harus menggunakan sebuah tag <br> yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel