Manfaat Pala Untuk Menjaga Kesehatan Badan Secara Alami

Manfaat Pala Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

Amongguru.com. Pala merupakan tumbuhan rempah yang selama ini dikenal sebagai bumbu dan penyedap masakan.

Pala yakni tumbuhan orisinil Kepulauan Banda, Maluku. Pada pertengahan masa ke-19, pala dikenal sebagai rempah-rempah yang berharga mahal.

Ukuran buah pala cukup kecil, dengan warna kuning pada penggalan luarnya. Sekilas, buah pala lebih menyerupai mirip duku. Pala mempunyai bau yang sangat khas sebagai tanaman rempah.

Selain dimanfaatkan untuk materi masakan, pala ternyata dikenal mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pemanfaatan pala sebagai obat herbal telah usang dilakukan secara bebuyutan sampai sekarang. Berikut ini beberapa manfaat pala untuk menjaga kesehatan badan secara alami.

1. Mencegah insomnia


Insomnia merupakan gangguan tidur, dimana seseorang mengalami susah tidur atau mempunyai waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas,



Senyawa kimia pada buah pala diyakini bisa menghilangkan insomnia, sehingga kita sanggup tidur dengan nyenyak. Caranya yakni dengan meminum rebusan pala sebelum tidur.

2. Mencegah mual dan muntah


Sifat antiemetik pada pala bermanfaat untuk mencegah mual dan muntah. Kemampuan antiemetik dalam buah pala ini cocok dimanfaatkan untuk mencegah mabuk kendaraan ketika bepergian jauh.

3. Mengobati masuk angin


Meminum rebusan buah pala yakni cara efektif untuk menghilangkan masuk angin pada badan kita. Minyak atsiri yang terkandung dalam buah pala bisa menghangatkan bada dan perut yang kembung akhir masuk angin.


4, Meredakan asam lambung




Penyakit asam lambung yang dalam istilah medis disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yakni penyakit dengan cirinya yakni rasa menyerupai sensasi terbakar di penggalan dada dan ulu hati akhir asam lambung penderita yang naik menuju esofagus.

Naiknya asam lambung sering ditandai rasa perih dan mual pada perut.  Buah pala mempunyai senyawa saponin yang bermafaat untuk menurunkan asam lambung dalam tubuh.

5. Menambah nafsu makan


Enzim lipase yang ada dalam buah pala sangat bermanfaat untuk meningkatkan napsu makan. Anak kecil yang sering susah makan sanggup diminta untuk mengonsumsi air rebusan pala, biar napsu makan mereka bertambah.

6. Menghilangkan bunyi parau




Pala juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan bunyi parau. Minyak esensial dalam buah pala sanggup mengatasi bunyi parau yang menjadikan rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan juga orang yang mendengarkannya.

7. Mengobati flu


Buah pala mengandung asam oleanolat. Asam oeanolat merupakan senyawa yang terdapat pada makanan maupun minuman.

Senyawa ini tidak beracun dan bersifat sebagai antivirus, sehingga sangat ampuh untuk mencegah masuknya banyak sekali virus, termasuk virus influenza.

8. Menetralisir rasa sakit




Di dalam buah pala terdapat sebuah senyawa kimia yang berupa mentol. Senyawa ini sanggup dipakai untuk mentralisir rasa sakit secara alami. Rasa sakit tersebut sanggup berupa rasa yang diakibatkan oleh cedera, luka, dan radang kronis.

9. Menjaga kesehatan mulut


Mulut merupakan sarang penyakit. Mulut juga gampang sekali terkena bau mulut, sebab makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Minyak atsiri pada buah pala bisa menghilangkan bau verbal dan meningkatkan kekebalan gusi maupun gigi.

10. Detoksifikasi


Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran toksin atau racun yang ada di dalam badan seseorang. Racun sanggup mengendap di dalam beberapa organ tubuh, contohnya hati, ginjal, dan usus.



Senyawa kimia dalam buah pala mempunyai kemampuan untuk membersihkan toksin dalam organ tubuh, terutama toksin pada hati dan ginjal. Toksin tersebut akan dikeluarkan melalui keringat, feses, dan urine.

11. Mencegah leukimia


Penelitian menawarkan bahwa metanol dalam buah pala sanggup mencegah leukimia atau kanker darah. Mengonsumsi ekstrak buah pala sanggup mencegah berkembangnya sel leukimia dalam badan seseorang, sehingga menghambat tumbuhnya sel kanker pada penderita leukimia.

12. Menyehatkan otak


Pala mempunyai kandungan miristin yang bermanfaat untuk menyehatkan otak. Senyawa ini bisa mengurangi degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dari otak.

Penderita alzaimer dan parkitson degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dalam otak bisa dikurangi atau diperlambat efeknya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel