Widget HTML #1

10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Badan Yang Wajib Anda Baca

10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Sereh (serai) merupakan tumbuhan herbal dari keluarga rumput (Poaceae). Tanaman ini yaitu jenis rumput yinggi yang pada berasal dari kawasan tropis Asia.

Ciri fisik dari tumbuhan sereh yaitu berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan tebal. Tinggi sereh sanggup mencapai sekitar 3 meter.

Sereh menjadi salah satu tanaman rempah yang cukup populer, sebab sering dipakai sebagai materi penyedap masakan.

Penggunaan sereh ini biasanya dengan cara dihancurkan biar mendapat aroma lemon yang menimbulkan kuliner menjadi wangi.



Ternyata dibalik kegunaannya untuk materi masakan, sereh menyimpan segudang manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sereh mengandung banyak minyak esnsial, materi kimia, meniral, dan vitamin penting yang diketahui mempunyai sifat anti oksidan tinggi untuk pencegahan penyakit.

Komponen utama dari serai yaitu citral atau lemonal, yaitu sebuah aldehid yang bisa menghasilkan amis lemoon unik. Citral juga mempunyai sifat anti mikroba dan anti jamur yang kuat.

Selain itu, batang dan dan daun sereh juga mengandung folat. Folat berperan penting dalam pembelahan sel dan sintesa DNA. Ekstrak sereh juga kata akan vitamin esensial menyerupai asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6), dan thiamin (vitamin B-1).

Berikut ini 10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Baca

1. Membersihkan racun


Sereh bermanfaat dalam detoksifikasi tubuh. Kemampuan diuretik tumbuhan ini sanggup membantu dalam membersihkan racun-racun berbahaya biar keluar dari tubuh.

Detoksifikasi akan memperlancar fungsi aneka macam organ tubuh, antara lain hati dan ginjal, serta menurunkan kadar asam urat.

Efek deuritik sereh membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga memperlancar sistem eksreksi.

2. Mencegah kanker


Hasil studi memperlihatkan bahwa sereh efektif untuk mengobati aneka macam jenis kanker dengan tanpa memengaruhi sel tubuh yang normal.



Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa sereh bisa menghambat pertumbuhan sel kanker hati pada fase awal, sehingga mencegah sel kanker tersebut untuk berkembang lebih lanjut.

3. Mencegah timbunan lemak


Sereh terbukti mempunyai sifat anti huperlipidemia dan anti hiperkolesterolemi, sehingga bisa meningkatkan kadar koleterol sehat (HDL).

Konsumsi sereh secara rutin akan memperlihatkan hasil yang aktual dalam mempertahankan tingkat trigliserid dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Kondisi ini akan membantu dalam mencegah timbunan lemak pada pembuluh darah dan meningkatkan anutan darah, sehingga kita terhidar dari serangan jantung dan stroke.

4. Mengatasi gangguan perut


Minyak atsiri pada sereh mempunyai sifat anti bakteri, sehingga bisa mencegah abuh aneka macam basil patogen.

Sereh bermanfaat untuk mengatasi gangguan perut, menyerupai ulkus lambung, dengan cara merangsang usus dalam memperlancar pencernaan.

Sifat anti inflamasi sereh sangat bermanfaat untuk mengobati sembelit, diare, mual, dan nyeri perut.

5. Mencegah gangguan pernapasan


Sereh juga sanggup bermanfaat untuk mencegah gangguan pernapasan. Kandungan vitamin C pada sereh membantu dalam mengatasi penyumbatan hidung yang diakibatkan oleh flu dan gangguan pernapasan lainnya, menyerupai asma.

6. Meningkatkan kerja sistem saraf


Sereh sanggup menjadi tonik yang baik untuk meningkatkan kerja sistem saraf. Sereh dpat merangsang pikiran, memperlihatkan ketenangan, dan membantu mengatasi gangguan saraf, menyerupai Alzaimer.

Apabila dipakai untuk mandi terapi, sereh akan membantu menenangkan sara dn mengurangi tanda-tanda depresi dan kelelahan.

7. Mencegah insomnia


Insomnia dalah gangguan tidur yang mengakibatkan penderitanya menjadi kesulitan tidur atau tidak cukup tidur, meskipun adanya banyak waktu untuk melakukannya. Gangguan tidur ini mengakibatkan penderita tidak mempunyai tubuh yang prima.



Sereh mempunyai sifat menenangkan otot dan saraf, sehingga sanggup membantu tidur dengan nyenyak dan menghindarkan dari sifat insomnia. Sereh bersifat sedatif dan hipnotik yang sanggup membantu meningkatkan kualitas tidur.

8. Membantu menurunkan berat badan


Meminum teh sereh secara rutin mencairkan lemak melalui proses detoksifiksi. Efek diuretik yang dimiliki sereh sangat membantu melancarkan buang air besar dalam volume yang tinggi. Proses tersebut akan mempercepat dalam penurunan berat badan.

9. Mengobati migrain


Sifat analgesik yang dimiliki sereh sanggup mengurangi rasa sakit dan kondisi tidak nyaman akhir sakit kepala dan migrain.

Senyawa fitronutrein yang terdapat pada serai sanggup meningkatkan sirkulasi darah serta membantu mengurangi kejang, keseleo, sakit punggung, dan kram otot.




10. Mencegah infeksi


Sereh sanggup bekerja sebagai antiseptik. Sereh efektif untuk mengobti infeksi, menyerupai kurap, luka, kudis, dan juga abuh susukan kemin.


Sereh terbukti mempunyai imbas penyembugan pada infektivitas dermatologi, dengan menghmbt pertumbuhan patogen.

Cara Menggunakan Sereh


Sereh sanggup dipakai sesuai dengan kebutuhannya, bisa berbentuk ekstrak minyak sereh, produk teh, atau rebusan. Jika akan dimanfaatkan untuk pijat, maka sanggup memakai ekstrak minyak sereh,



Apabila menginginkan untuk diminum, maka bisa memakai produk teh sereh atau merebusnya dengan air dan meminyim air rebusannya tersebut.

Meskipun terbukti mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, sereh tidak dianjurkan untuk penderita gangguan ginjal dan gangguan hati, serta ibu hamil dan menyusui.

Jika sedang dalam pengobatan tertentu, mka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter mengenai pemanfaatannya sebagai obat pendamping.

Demikin 10 manfaat sereh (serai) untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.