10 Kunci Sukses Meghadapi Ujian

10 tips meghadapi ujian

Selamat datang sahabat jadiguru.com sekarang sudah memasuki persiapan ujian baik ujian semester ataupun ujian nasional dan juga memulai merencanakan persiapan SBMPTN, ada satu hal lagi yang sering menjadi momok bagi para siswa yang sedang duduk di bangku kelas tiga, yakni Ujian Akhir Semester atau UAS. Untuk ujian yang satu ini pasti ada di sekolah manapun, dan mata pelajaran yang diujikan jauh lebih banyak dari Ujian Nasional atau SBMPTN.

Walaupun mata pelajaran yang diujikan lebih banyak, tetapi materi yang diberikan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan oleh materi yang diujikan hanyalah materi-materi yang telah diajarkan di semester tersebut. Berbeda dengan Ujian Nasional atau SBMPTN yang mengujikan materi dari kelas satu SMA.

Tetapi bukan berarti bahwa UAS ini jauh lebih mudah dari Ujian Nasional ataupun dengan SBMPTN ya. tidak boleh terlalu santai dalam menghadapi UAS yang akan datang. Nah, sekarang ada 10 tips persiapan UAS yang harus kita ketahui agar tidak panik saat ujian? Yuk, kita baca artikelnya di bawah ini.!

1. Kisi-kisi Materi
Hal yang satu ini harus kita pegang sebagai acuan belajar kita. Biasanya guru setiap mata pelajaran akan memberikan kisi-kisi kepada siswa tiga minggu atau satu bulan sebelum UAS. Jangan lupa untuk mencatat atau menyimpannya (kalau diberi lembaran) karena tanpa kisi-kisi tersebut, kita bisa jadi tidak akan fokus belajar nantinya.

2. Ulang Materi yang Tidak Kita Pahami
Setelah kita mendapatkan kisi-kisi, pastinya kita bisa melihat materi-materi mana yang paling tidak kita pahami. Sebaiknya, mulailah belajar dari yang kita tidak pahami terlebih dahulu agar kita bisa lebih gampang untuk belajar ke depannya. Mari kita Tandai materi-materi yang sudah dan pernah kita pelajari di catatan atau kertas kisi-kisi materi ujian yang sudah ada, agar kita bisa mengingat materi mana yang sudah kita pahami.

3. Jangan Gunakan Sistem Kebut Semalam
Sekarang Banyak siswa yang berpendapat bahwa dengan Sistem Kebut Semalam atau yang kita kenal sistem SKS adalah sistem yang sangat efektif untuk belajar satu malam. Ya, memang sistem ini efektif untuk satu dua hari, namun setelahnya, kita akan melupakan pelajaran yang sudah kita pelajari. Selain itu kita akan dipaksa untuk begadang atau lembur satu malam penuh demi belajar untuk ujian esok harinya. Meskipun efektif, namun badanmu tidak akan kuat kalau harus dipaksa seminggu penuh melakukan SKS. Bukannya malah lulus ujian, tapi malah sakit. Tidak enak kan?

4. Bertanya Pada Guru Bila Tidak Paham
Bertanya kepada guru bukan hal yang salah kok! Daripada nanti di rumah kita kebingungan belajarnya bagaimana, lebih baik kita bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak kita pahami. Tentunya, hal ini harus kita lakukan bila gurumu sedang memiliki waktu untukmu, jangan sampai kita mendadak masuk ke ruang guru hanya untuk bertanya mata pelajaran yang kita tidak pahami.

5. Datangi Perpus Sekolah Untuk Buku Latihan Soal-soal
Latihan soal-soal juga penting untuk ujian, namun kita tidak harus membeli buku-buku tersebut setiap kali ujian datang lho! Yah, hitung-hitung menghemat pengeluaran, kita bisa datang ke perpustakaan sekolahmu untuk pinjam buku latihan soal-soal. Kalau tidak mau pinjam, kita bisa berlatih soal-soal di tempat saat sedang istirahat siang.

6. Belajar Bersama Teman Lebih Menyenangkan
Kalau kita bosan belajar sendirian, coba deh untuk ajak teman-teman kita belajar bersama. Dengan belajar bersama, kita akan memiliki beberapa orang yang bisa kita tanyai kalau kita tidak paham dengan materi tertentu.

7. Ikut BimBel Agar Lebih Mantap Belajarnya
Kalau kita merasa 6 tips di atas masih kurang, coba deh untuk ikut Bimbingan Belajar atau BimBel. Mengikuti BimBel ini diharapkan berguna untuk membantumu belajar agar lebih paham materi. Terlebih, di setiap BimBel pasti ada guru, di mana guru-guru ini bisa kita tanyai tentang materi yang tidak kita pahami di sekolah. Enak kan?

8. Belajar Online Bisa Jadi Solusi
Kalau kita tidak bisa ikut BimBel karena alasan banyaknya kegiatan atau yang lainnya, kita bisa kok belajar online! Belajar dengan cara online di sini bisa kita lakukan sebagai pengganti BimBel dan juga latihan soal-soal dapat kalian lakukan.

9. Mengikuti Bimbel Online, Paket yang Paling Oke Untuk Kita
Nah, bagi kita yang ngebet ikut bimbel tapi jadwalmu terlalu sibuk dan bosan kalau harus belajar online sendirian, bimbel Online bisa jadi alternatifmu. Bimbel Online adalah bimbel yang bisa kita lakukan tanpa kita harus duduk manis di kelas. Bisa kita akses di mana saja selama kita punya internet dan alat yang bisa kita gunakan untuk mengakses internet tersebut. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa bimbel yang menerapkan sistem online. Namun yang fully online baru hanya ada satu bimbel, yakni  seperti ruang guru quiper dll

10. Berdoa
Hal satu ini tidak boleh kita lupakan, Kita harus selalu berdoa agar semua kegiatanmu dimudahkan, termasuk saat ujian.

Inilah sepuluh tips dan trik yang bisa kita lakukan agar kita lebih siap menghadapi UAS. Bagi kalian yang sudah kepepet dengan ujian UAS, coba deh untuk belajar bareng banyak teman. Pokoknya, jangan sampai kita mencoba SKS tapi malah sakit di kemudian hari, semagat dan terus giat belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel