Pengertian Fungsi Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optic Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik
Fiber optic

Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optic - Nah pada artikel sebelumnya aku sudah menjelskan:
Sekarang aku akan menawarkan materi/ilmu perihal kabel jaringan lagi yaitu Kabel Fiber Optic. apa sih itu kabel fiber optic? apa fungsinya? terus kelebihan dan kekurangannya apa aja ya? Yuk pribadi saja baca hingga habis.

Pengertian Kabel Fiber Optic


Di dalam dunia jaringan ada banyak banget peralatan untuk mengadakan suatu relasi internet salah satu alatnya yaitu Kabel. Kabel dalam jaringan yang umum ada 3 yaitu twisted pair, coaxial dan fiber optic. Karena sebelumnya aku sudah membahas Kabel Twisted pair dan juga Kabel Coaxial maka disini aku akan membahas kabel Fiber Optic

Kabel fiber (kabel FO) optik atau serat optik merupakan Suatu media transmisi yang mempunyai materi utama yang terbuat dari serat beling yang sangat halus dan telah di campurkan dengan materi plastik yang memakai pembiasan cahaya dalam melaksanakan transmisinya. Sementara itu sumber cahaya yang dipakai kabel fiber optik ini ialah berupa laser lantaran mempunyai spectrum yang sangat sempit.

Namun ada beberapa yang mendefinisikan kabel fiber optik ialah salah satu jenis kabel yang berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu titik ke titik lain.

Terdapat dua jenis mode transmisi yaitu Singel mode dan Multi mode, single mode yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya, sedangkan Multi mode memakai media LED. Jenis kabel fiber optik ini biasanya lebih sering dipakai pada suatu instalasi jaringan dengan kelas menengah hingga ke atas.

Fungsi Kabel Fiber Optic

Fungsi pada kabel fiber optik intinya mempunyai sama dengan jenis kabel yang lainnya yaitu untuk menghubungkan antara komputer atau perangkat jaringan satu ke perangkat jaringan lainnya.

Yang menciptakan beda kabel fiber optik dengan kabel jaringan lainnya ialah kabel fiber optik mempunyai kecepatan saluran yang tinggi sehingga kecepatan transfer pada data pun juga lebih cepat. Biasanya kabel ini dipakai untuk operator telekomunikasi dan jaringan yang membutuhkan transfer tinggi.

Untuk kecepatan transfer data bisa hingga Gigabyte per detik. Namun tentunya dengan banyak kelebihan yang di miliki oleh si kabel fiber optiknya tentu pastinya dibayar lebih mahal, maka alasannya itulah kabel jenis ini jarang di gunakan oleh sembarang orang.

Biasanya perusahaan besar serta operator telekomunikasi yang lebih sering menentukan untuk memakai Kabel fiber optik ini. Bahkan dikala ini pun perusahaan pengembang Wi-Fi atau Perusahaan penyedia layanan internet sudah mulai memakai kabel fiber optik alasannya lantaran lebih cepat dan stabil. provider indonesia dikala ini sudah banyak yang memakai kabel fiber optik.


Kelebihan Kabel Fiber Optic

Fiber optik mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh kabel lain pada umumnya, menyerupai berikut ini.
  • Fiber optik bisa menyalurkan data yang lebih banyak dengan kecepatan yang tinggi, bahkan bisa mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan daripada kabel lainnya, sehingga sanggup menghemat tempat.
  • Memiliki gangguan yang sedikit, dikarenakan fiber optik tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik dan radio lantaran tidak memakai listrik melainkan memakai plastik dan cahaya.
  • Lebih aman, lantaran serat optik tidak gampang terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik sanggup mengalirkan sinyal lebih jauh kalau dibandingkan dengan kabel yang memakai sinyal listrik pada umumya. Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater (penguat sinyal), kalau dibutuhkan repeater, biasanya akan diletakkan di jarak yang jauh (sekitar 50-100 km).

Kekurangan Kabel Fiber Optic

Setiap hal niscaya mempunyai kelemahan walaupun sangat kecil, termasuk fiber optik. Berikut ialah kelemahan dari teknologi fiber optik.
  • Perawatan dan pemasangan sulit, kalau terjadi kerusakan pada kabel fiber optik, maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan sudah andal pada bidang tersebut.
  • Harga relatif mahal kalau dibandingkan dengan kabel jenis lainnya menyerupai UTP yang mempunyai harga yang terjangkau.
  • Kabel fiber optik tidak bisa diletakkan di belokan yang sangat tajam, ini dikarenakan fiber optik memakai cahaya sebagai penghantar sinyal, kalau kabel ditekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel