Jawaban Lengkap Soal Essay Latihan Usbn Pai Sma/Smk Terbaru

Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil sebagai materi penilaian untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yaitu sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar kawasan yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada hasilnya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat dibutuhkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan yaitu penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten kalau telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian tamat :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, eksklusif saja kita menuju Jawaban Lengkap Soal Latihan USBN PAI SMA/SMK 2019 Terbaru berikut dibawah ini.

Jawaban Lengkap Soal Latihan USBN PAI SMA/SMK 2019

Sesuai dengan Judul Artikel saya kali ini mengenai Jawaban Lengkap Soal Latihan USBN PAI SMA/SMK 2019 berikut saya sertakan juga dengan Solanya, Supa tidak kebingungan :

Soal Essay dan Jawaban  Soal Latihan USBN PAI SMA/SMK


1. Abdullah Siswa Sekolah Menengah kejuruan kelas XII, beliau dari keluarga yang ekonominya sangat kurang, tiap hari beliau harus berjalan kaki sekitar 7 kilometer untuk berangkat ke sekolah, pulang dari sekolah beliau berjualan untuk membantu perekonomian keluarganya, acara ini beliau dilakukan semenjak kelas X. Ketika Pengumuman kelulusan Ujian Sekolah Abdullah mendapatakan nilai terbaik. Dia memutuskan untuk terus berjualan, beberapa tahun kemudian beliau sudah mempunyai toko di tiap kecamatan.
Apakah yang menjadi faktor keberhasilan kehidupan Abdullah tersebut?
Jawaban :
Faktor keberhasilan kehidupan Abdullah

  • Punya harapan kuat
  • Selalu berdo’a
  • Do’a orang tua
  • Pantang mengalah dalam melaksanakan pekerjaan
  • disiplin

2. Salah satu bukti kemajuan Islam pada masa kejayaan yaitu munculnya tokoh-tokoh ilmu pengetahuan di banyak sekali bidang ibarat filsafat, kedokteran, astronomi, fisika, matematika dan sebagainya.
Kemukakan sejarah singkat salah satu tokoh berikut karya-karyanya yang terkenal dalam sejarah perkembangan Islam pada masa kejayaan!
Jawaban :
Beliau lahir di Afsyana bersahabat Bukhara, menguasai bahasan Arab, Geometri, Fisika, Ilmu aturan Islam, Teologi dan ilmu kedokteran. Beliau dikenal dengan bapak kedokteran Modern, dunia Barat menyebutnya AVICENA. Karya-karyanya lebih dari 200 buku dan diantaranya yang paling terkenal yaitu “Al-Qanun Fi at-Thib (yang dipakai sebagai rujukan di bidang ilmu kedokteran) dan Al-syifa.

3. Syahrul Anwar wafat meninggalkan harta peninggalan berupa harta perniagaan senilai Rp. 150.000.000. Harta peninggalan tersebut belum dizakati, dan belum dikeluarkan untuk keperluan pengurusan mayat sebesar Rp. 750.000, melunasi hutang sebesar Rp.24.000.000 dan memenuhi wasiatnya sebesar Rp. 1.500.000. Ahli waris terdiri dari istri, ibu, dua anak perempuan, seorang anak laki-laki, nenek, seorang saudara wanita sekandung dan seorang paman (saudara pria ayah). 
Berapakah cuilan masing-masing mahir waris tersebut?
Jawaban :
a. Sebelum harta peninggalan tersebut dibagi-bagikan kepada mahir waris, hendaknya dikeluarkan untuk :

  • Zakat; 2,5 % harta peninggalan = 1/40 X 150.000.000 Rp.   3.750.000
  • Pengurusan Jenazah = Rp.      750.000
  • Melunasi hutang  = Rp. 24.000.000   
  • Wasiat = Rp.   1.500.000
  • Jumlah Pengeluaran = Rp. 30.000.000

b. Sisa harta peninggalan yang harus dibagikan kepada mahir waris yaitu Rp. 150.000.000 dikurangi Rp. 30.000.000 = Rp. 120.000.000

c. Ahli waris yang terhalang (hijab hirman) sehingga tidak sanggup harta warisan yaitu Nenek (terhalang oleh ibu) saudara wanita sekandung dan paman terhalang oleh anak.

d. Cara perhitungan

  • Bagian warisan istri : 1/8 x Rp. 120.000.000 = Rp. 15.000.000
  • Bagian warisan ibu  : 1/6 x Rp. 120.000.000 = Rp. 20.000.000

Jumlah cuilan untuk Istri  dan Ibu (Dzawil Furud) = Rp. 35.000.000
Dua Anak Perempuan dan dua anak pria yaitu = asobah
Rp. 120.000.000 – Rp. 35.000.000  Rp. 85.000.000

  • Dua orang anak Perempuan = 2/4 x Rp. 85.000.000 = Rp. 42.500.000

Kaprikornus untuk masing-masing anak wanita sebesar = Rp. 21.250.000

  • Seorang anak laki-laki        = 2/4 x Rp. 85.000.000 = Rp. 42.500.000



4. Perhatikan Q.S. Luqman/ 31:14 berikut!

 a. Jelaskan isi kandungan ayat tersebut!

 b. Bagaimana mengimplementasikan isi kandungan ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari? 

Jawaban :
a. Isi kandungan Q.S. Luqman/31:14 yaitu Allah Swt. memerintahkan insan biar berbuat baik kepada kedua orang tua, terutama ibunya yang telah mengandung, melahirkan, dan merawatnya dengan penuh kasih sayang; Manusia harus berbuat baik kepada kedua orang renta karena:


  • merupakan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya; 

  • merupakan amalan yang paling mulia yang dicintai oleh Allah Swt.; 
  • merupakan salah satu sebab-sebab diampuninya dosa;

  • merupakan lantaran keridaan Allah Swt.;

  • merupakan lantaran masuk nirwana Allah Swt.; dan 

  • besarnya jasa dan kasih sayang kedua orang tua. 


b. Implementasi isi kandungan Q.S. Lukman/31:14  dilkukan dengan cara: 


  • bersyukur kepada Allah SWT. dengan cara menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala laranganNya.
  • berbuat baik kepada orangtua dengan cara menghormati, menyayangi, selalu taat kepada orangtua selama perintah itu baik

5. Al Asma al Husna yaitu nama-nama Allah SWT, yang baik dan agung, salah satu asma Allah yaitu ‘Al-Adlu artinya Maha Adil yakni menempatkan sesuatu pada tempatnya (Wad’u syaiin FiiMahaalihaa)”.
Jelaskan perbedaan keadilan Allah SWT dengan keadilan manusia!
Jawaban :
Perbedaannya yaitu Keadilan Allah Swt yaitu keadilan yang mutlak tidak di pengaruhi apapun dan oleh siapapun, Sedangkan keadilan insan berubah ubah lantaran di pengaruhi dan terpengaruh oleh keadaan.

Demikianlah artikel mengenai Jawaban Lengkap Soal Latihan USBN PAI SMA/SMK 2019 Terbaru ini, semoga bermanfaat buat sahabat prakata yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 essay beserta jawabnnya dari mata pelajaran PAI, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, lantaran intinya kita sama2 belajar. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel