MATERI TKJ TEKNIK LAYANAN JARINGAN | KELAS XI

Memahami ragam aplikasi komunikasi data


Aplikasi system komunikasi data adalah media yang berfungsi untuk mentransmisikan data dari satu computer ke computer yang lain.
Contoh aplikasi system komunikasi data di antaranya :

Surat Elektronik (e -mail)Email
adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet saling berkirim pesan melaui elektronik di internet.

Cara kerja :
Menulis surat ---> E –mail client pengirim ---> SMTP e-mail server pengirim ---> ISP/Internet --->
e-mail server penerima ---> E –mail client penerima --->Membaca surat

Bank Teller Terminal (ATM)
ATM (Automatic Teller Machine) merupakan singkatan bagi ajungan tunai mandiri, adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “Teller” manusia.
Cara Kerja :
Masukan ID Card keMesin ATM --->Mesin ATM membaca ID Card

Credit checking System
Kartukredit adalah suatu bagian penyelesaian transaksi ritel berupa kartu yang terbuat dari plastik sebagai bentuk pengganti uang cash. Penerbit Kartu Kredit (Bank) merupakan penjamin dari tarnsaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual.Cara Kerja :
Kartu kredit yng anda serahkan ke kasir akan di proses dengan cara dimasukkan kedalam mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang telah dilengkapi pembaca chip. Kartu akan di proses secara enkripsi sebelumm melakukan verifikasi kepada penerbit kartu kredit melalui jaringan online.
Setelah prosedur verifikasi selesai, mesin EDC yang telah dilengkapi pemmbaca chip akan mengeluarkan struk bukti tramsaksi yang harus ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.

Hotel Reservation Sstem
Hotel Reservation System yang berarti sistem informasi reserrfasi perhotelan merupakan salah satu bentuk pelayanaan publik yang menawarkan suatu jasa dalam hal pendataan administrasi pada reserfasi perhotelan yang sangat memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisis agar data dapat terkemas dan terjaga keamananya dengan baik dalam bentuk database.

Traffic ConrtolSistem
Auto Traffic Contol System (ATCS)atau sistem kendali lalulintas kendaraan adalah pengendalian lalulintas denagn menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota. Pengaturan lalulintas melalui sistem ini memerlukan para meter jumlah kendaraan dan waktu tempuh kendaraan.

Police Emergency Sistem
Host Server yang terdiri dari modul komunikasi nirkabel,sebuah sistem,database,dan sebuah microprosesor.Host server yg menerima sinyal dari kartu maknetis dan sumber sinyal,lalu polisi emergency sistem polisi-warga menerima sinyal dari server tersebut dan menghubungkan dengan polisi.bagi polisi untuk pergi ketempat kejadian dalam waktu darurat,maka digunakan alat identifikasi kartu magnetis yang digunakan sebagai identifikasi pengguna. Ketika ada peristiwa darurat terjadi, pengguna menekan tombol darurat dan tombol konfirmasi bersamaan untuk menghasilkan sinyal dan sinyal yang akan diteruskan ke host server melalui modul komunikasi nirkabel. Komunikasi nirkabel kemodul server menerima sinyal yang berasal dari kartu magnetis dan mengirimkan sinyal ke microprossesor. Lalu proses membandingkan data dalam database untuk menilai apakah sumber sinyal sesuai dengan data dalam database. Jika benar, maka sinyal disambungkan oleh host server ke polisi segera agar polisi bisa tiba di tempat kejadian perkara.

Cara Kerja :
1.      Police Emergency System dengan alat identifikasi kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara memnbaca bar-code oleh bar-code scanner.
2.      Police Emergency System dengan alat identifikasi kartu magnetik mencapai ID identifikasi Melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang merupakan bar elektronik.
3.      Police Emergency System dengan alat identifikasi kartu magnetik mencapai ID identifikasi Melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang kartu sirkuit terpadu (IC) kartu.
4.      Police Emergency System dengan jalan transmisi frekuensi radio (RF) intuk pengiriman modul komunikasi nirkabel dari kartu maknetik dan host server.
5.      Police Emergency System denagn jalan transmisi pengiriman bluetooth untuk komunikasi nirkabel modul dari katu magnetik dan host server.
6.      Police Emergency System dengan rangkainan kontrol kata kartu magntik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, kata mana tombol darurat dan mengkonfirmasi tekan tombol adlah alat yang digunakan untuk memicu sinyal untuk rangkaian kontrol dan mengirimmakan sinyal ke host server melalui rangkainan kontrol.
7.      Police Emergency System dengan rangkainan kontrol kata kartu magntik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, di mana kata darurat tombol dan tombol mengkonfirmasi film tipis perangkat yang digunakan untuk memicu sinyal kerangkaian kontrol dan menirimkan sinyal ke host server melalui rangkaian kontrol.
8.      Police Emergency System dengan suara-alat cahaya kata kartu magnetik LED yang digunakan untuk menunjukan kondisi daya baterai.
9.      Police Emergency System dengan suara-alat cahaya kata kartu magnetik adalah lebar-sounder yang digunakan untuk membuat kebisingan dan mengingatkan kondisi daya baterai.
10.  Police Emergency System dengan system server host menggunakan mikro prosesor untuk menangkap data di dalam data base dan mengirimkan sinyal kekartu magnetik akan menghasilkan sinyal respons secara otomatis, kata sinyal ditransmisikan ke host server mealalui komunikasi nirakbel modul,kata microprosesor dari server host akan membandingkan sinyal dengan data dalam data base dan mengirimkan data ke sistem absent untuk mengelola kondisi staf yang tidak hadir.
Airline Seat Reservation System

Adalah sistem yang dibuat untuk referensi atau pemesanan tiket maskapai penerbangan. Sistem ini dibuat untuk mempermudah calaon penumpang peawat dalam menentukan kapan jadwal penerbangan pesawat, berapa jumlah tarif yang harus dibayar, dan bahakan fitur yang ada saat ini pun bisa memesan tempat menginap di hotel apabila telah sampai pa tempat yang di tuju.
Media pemesanannya biasanya melalui website dan aplikasi mobile smartphone.


Latihan soal
1. Apakah yang dimaksud airlines seat reservation system?
2. Apakah fungsi dari police emergency system ?
3. Bagaimana cara kerja host server?
4. Apakah yang dimaksud ATCS?
5. Apakah yang dimaksud hotel reservation system?




STANDAR KOMUNIKASI

  • Sistem transmisi : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission)atau jarinagn komplek(complex network)yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan (destination. Tujuan (destination) : menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.
  • Jaringan telekomunikasi dirancang untuk melayani berbagai macam pengguna, yang menggunakan berbagai macam perangkat yang berasal dari vendor yang berbeda.
  • Untuk merencanakan dan membangun suatu jaringan secara efektif diperlukan suatu standar yang menjamin interoperability, compatibility, dan kinerja yang dipersyaratkan secara ekonomis
  • Suatu standar yang terbuka (open standard) diperlukan untuk memungkinkan interkoneksi sistem, perangkat maupun jaringan yang berasal dari vendor maupun operator yang berbeda. 

STANDAR ORGANISASI

  • Internet Engineering Task Force (IETF)  
  • International Telecommunications Union (ITU) 
  • International Standards Organization (ISO)  
  • American National Standards Institute (ANSI)  
  • Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)  
  • Electronic Industries Association (EIA)  
  • Federal Communications Commision (FCC)  


STANDAR OSI

OSI (Open Systems Interconnections) adalah sebuah standar untuk model jaringan yang di ciptakan oleh ISO (International Standards Organization) bekerja sama dengan organisasi lain seperti ITU (International Telecommunications Union), EIA (Electronic Industries Association), dan lain-lain.

Standar OSI dibuat agar perangkat/platform dari berbagai pabrikan dapat berkomunikasi karena pada masa itu belum ada model baku dari jaringan yang dapat berkomunikasi antar platform dengan pabrikan yang berbeda.

Dalam komunikasi data terdapat tata cara atau prosedur yang harus diikuti oleh dua atau lebih sistem komputer yang saling berkomunikasi. Prosedur ini dikenal dengan istilah protokol. Protokol komunikasi data didefinisikan sebagai prosedur atau peraturan yang mengatur operasi peralatan komunikasi data.

Arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh ISO ini dikenal sebagai model OSI 7 Layer. Karena Model OSI membagi protokol untuk komunikasi data atas 7 lapisan atau layers, pembagian tujuh lapisan pada OSI bertujuan agar:

Mempermudah administrasi dan standardisasi. Walaupun protokolnya kompleks tetapi fungsi tiap layer dapat dimodularisasikan sehingga mudah ditanggulangi.

Kendali menggunakan layer memungkinkan komunikasi antar peralatan tanpa melihat pabrik pembuat peralatan tersebut.Standardisasi paling banyak berlaku pada layer yang rendah dan makin berkurang pada layer atas. Layer application hampir tidak ada standardisasinya.

Membuat kerangka agar sistem atau jaringan yang mengikutinya dapat saling tukar informasi (pesan, paket dan address), sehingga tidak bergantung pada merk dan model komputer atau peralatan lainnya.

Setiap layer berfungsi independent tetapi dari masing-masing layer tergantung dari keberhasilan operasi layer sebelumnya.

TUJUAN OSI
Agar dapat terjalin kerja sama antara peralatan dari pabrik dan rancangan (design) yang berbeda dalam hal :
a.         Koordinasi berbagai macam kegiatan seperti komunikasi antar                           proses.
b.        Penyimpanan data
c.         Manajemen dari sumber serta proses
d.        Keandalan dan kamanan (security) dari sistem
e.         Software support

LAPISAN OSI


  • Application layer : interface user dan komputer.contoh:telnet,ftp,dns.
  • Presentation layer : menyediakan sistem penyajian data ke apikasi.
  • Session layer : mengkoordinasikan jalannya komunikasi antar sistem,mengendalikan dialog antar node.
  • Transport lyer : bertanggung jawab dalam pengiriman paket antar host.
  • Network layer : bertanggungjawab melakukan routing antar jaringan,mengelola sistem pengalamatan logika terhadap jaringan sistem komputer,contoh:ip.
  • Datalink layer : membungkus paket data dari network,dan menjamin paket terkirim ke tempat yang tepat.
  • Physical layer : pengirima dan penerimaan byt,berhubungan langsung dengn media komunikasi yang berbeda-beda.


 Latihan soal

1. Apakah tujuan jaringan telekomunikasi dirancang?
2. Apakah fungsi dari presentation layer?
3. Sebutkan lapisan – lapisan OSI!
4. Apakah yang dimaksud OSI?
5. Sebutkan standard organisasi!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel